VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS STESL MATERI BAKTERI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X

  • Trias Jaya Susanti
  • Fida Rachmadiarti

Abstract

Kompetensi literasi sains dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21. Strategi pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, lingkungan, dan masyarakat (STES) merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk melatih keterampilan literasi sains. Agar memaksimalkan pembelajaran, maka peserta didik memerlukan bahan ajar yang memfasilitasinya untuk berlatih, salah satunya menggunakan buku ajar. Materi yang dapat digunakan untuk melatih literasi sains karena berhubungan dengan banyak isu sosial, teknologi, dan lingkungan ialah bakteri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan dan validitas buku ajar berbasis STESL (STES-Literasi) materi Bakteri untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) tanpa tahap Disseminate. Validitas diperoleh melalui hasil validasi buku ajar oleh dosen ahli materi dan pendidikan. Hasil penelitian ini menghasilkan buku ajar yang memiliki keunggulan fitur yang ditujukan untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik. Kompetensi menganalisis fenomena alam dan teknologi secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dengan memperhatikan aspek sains, teknologi, lingkungan, dan masyarakat serta menafsirkan data dan fakta ilmiah difasilitasi pada fitur Fakta Bio, Bio-link, Aktivitas, Mari Berliterasi, dan Zona STESL. Fitur Zona STESL melatih peserta didik untuk menganalisis keterkaitan peran bakteri dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan masyarakat. Validitas buku ajar yang ditinjau berdasarkan kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan menunjukkan hasil sebesar 96,31% dengan kategori sangat valid yang berarti buku ini dapat diujicobakan secara terbatas untuk meninjau kepraktisannya.

Kata Kunci: bakteri, buku ajar, literasi sains, STESL, validitas.

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 131