E-Book Interaktif PBL (Problem Based Learning) pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Friska Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p680-690

Keywords:

Kemampuan Literasi Sains, Ekosistem, E-Book, Problem Based Learning

Abstract

Literasi sains merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki siswa untuk memahami, menerapkan, dan mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Hasil PISA menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa Indonesia masih rendah, terutama akibat pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual, khususnya pada materi ekosistem yang bersifat kompleks. Untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan e-book berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dirancang untuk melatihkan literasi sains melalui keterlibatan aktif siswa dalam memecahkan masalah lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji validitas dan kepraktisan e-book interaktif pada materi ekosistem. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Krian dengan pendekatan Research and Development (R&D) model 4D dengan tahap define, design, develop, dan disseminate dengan melibatkan 35 siswa kelas X-12 sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui uji validitas, angket respons siswa, uji keterbacaan, dan wawancara, menggunakan instrumen berupa lembar validasi, angket, dan soal tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa e-book memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan skor 96%, dinilai praktis berdasarkan respons positif siswa sebesar 90,9%, serta memiliki tingkat keterbacaan pada level kelas 10 menurut Grafik Fry. Dengan demikian, e-book ini dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran ekosistem guna melatihkan literasi sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assa, A.Se., Rumambi, F.., Wibisono,C.2021.Teaching strategy of ecosystems in Jakarta for elementary school students. Utopía y Praxis Latinoamericana, 26(3), 129– 139.

Azizah, D. N., Irwandi, D., dan Saridewi, N.2021. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berkonteks socio scientific issues terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi asam basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 12–18. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.03

Fahrezi, Gifar, and Susanti. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar E-book Kontekstual Berbasis Android Pada Materi Akuntasi Persediaan.” Jurnal Ilmu Kependidikan 16(1): 58–70

Fry, E. 1977. Fry’s Readability Graph: Clarifications, Validity, and Extension to Level 17. Journal of Reading, 21(3), 242–252. http://www.jstor.org/stable/40018802

Halik, A., Israwaty, I., dan Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 1(2), 125–131.

Hasanah, A., & Susilo, H. 2020. Validasi e-book interaktif untuk pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 134–142.

Himala, S. P. T., Ibrahim, M., & Fitrihidajati, H. 2016. Keterbacaan Teks Buku Ajar Berbasis Aktivitas Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. BioEdu. Vol 5 (3): hal. 445-448.

Kemendikbud. 2022. Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/

Maf’ula, A., Hastuti, U.S. dan Rohman, F. 2017. Pengembangan media e-book pada materi daya antibakteri tanaman berkhasiat obat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1450-1455.

Maulana, M. 2023. Science E‑Book Integrated with Local Potential of Petis Making Based on Problem‑Based Learning-ESD to Improve Science Literacy Skills of Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 11(1), 1039–1048.

Nasution, Toni, Khoiri., N, Firmani, dan Rozi., F. 2023. “Perbedaan Sistem Kurikulum Pendidikan Anggota Asean, Indonesia Dan Singapura.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(3):1847–1958.

Nuryani. 2016. Tingkat Keterbacaan Soal Wacana Ujian Nasional (UN) Tingkat SMA Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2013/2014. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.2(1), 57-66.

Organization for Economic Co-Operation and Development OECD. 2022. PISA 2022 Science Framework in PISA 2022 Assessment and Analytica.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., dan Putra, P. B. A. A. 2019. Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika. 5(2): 128-137.

Prastiwi, M. S., Kartowagiran, B., dan Susantini, E. 2020. Assessing Using Technology: Is Electronic Portfolio Effective to Assess the Scientific Literacyon Evolution Theory. International Journal of Emerging Technologies in Learning, Vol. 15(12): 230–243. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i12.12227

Riduwan, & Akdon. 2020. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Rosidah, C.T. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inventa. Volume 2 (1): 63, 65

Setiani, W., & Harun, R. 2022. Keterbacaan dan Daya Tarik Buku Teks IPA Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan IPA, 7(4), 227–235.

Sopandi, W.2019.Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.

Sudatha, I. N. 2022. Pengembangan Buku Ajar Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 45–54.

Sufinasa, S. A., Hasanuddin, dan Saenab, S. 2023. Studi Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Siswa kelas VIII SMPN se-Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(1), 39–46.

Sugeng, B. 2021. Efektivitas Bahasa dalam Buku Teks. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 45–55.

Thiagarajan, S., Dorothy, S.S., dan Melvyn, I. S. 1974. Instruction Development for Training Teachersof Exceptional Children: A Sourcebook. Minnesota: University of Minnesota

Sufinasa, S. A., Hasanuddin, dan Saenab, S. 2023. Studi Deskripsi Kemampuan Literasi Sains Siswa kelas VIII SMPN se-Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(1), 39–46.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 215 , PDF Downloads: 48

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.