Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p321-342Abstract
Kemampuan berpikir kritis menjadi tuntutan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 ini agar siap menghadapi persaingan kerja, akademik, dan kehidupan. Beberapa indikator kemampuan berpikir kritis di abad 21 yang harus dikuasai siswa adalah interpretasi, analisis, evaluasi, interferensi, penjelasan, dan regulasi diri. Penggunaan e-book sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran biologi yang dikembangkan khusus untuk melatih kemampuan berpikir kritis dapat menjadi opsi solusi dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran problem based learning yang memiliki sintaks terkenal mampu melatih kemampuan berpikir kritis siswa digunakan sebagai basis e-book yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate), tanpa tahap disseminate. Parameter yang diukur adalah validitas dan kelayakan empiris. Validitas didapatkan dari hasil validasi dosen ahli materi dan dosen ahli pendidikan. Kelayakan empiris didapatkan dari hasil uji coba dan respon siswa. Uji kelayakan empiris dilakukan terhadap 15 siswa kelas X SMAN 1 Surabaya dengan menggunakan produk yang dikembangkan lalu meminta tanggapan dari penggunaannya melalui angket yang terdiri dari 14 butir pertanyaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Pengumpulan data menggunakan metode validasi dan angket. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. e-book yang dikembangkan memuat materi perubahan lingkungan dengan mengaplikasikan tahapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian menunjukkan e-book yang dikembangkan validitasnya mendapatkan skor 93,75 dengan interpretasi sangat valid, dan kelayakan empiris sebesar 94% dengan interpretasi sangat layak digunakan. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa e-book berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan yang dikembangkan ini mampu melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Implikasi produk e-book yang dikembangkan adalah secara praktis dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran biologi SMA untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan.
Kata Kunci: e-book, problem based learning, kemampuan berpikir kritis, perubahan lingkungan.