Pengembangan E-Book berbasis STEM Materi Bakteri untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains

  • Evi Putri Marifatus Salafiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik yang mampu menyeimbangkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kemampuan literasi sains yang dimiliki peserta didik masih tergolong rendah, hal tersebut dapat dilatihkan melalui sumber belajar dan cara pengajaran yang tepat. Kemajuan teknologi dapat menyediakan buku ajar elektronik yaitu e-book dengan berbagai fitur yang dapat meningkatkan motivasi belajar, terlebih saat pandemi COVID-19 dengan menggunakan sistem PJJ (pembelajaran jarak jauh). Kemampuan literasi sains dapat dilatihkan melalui pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Pada pendekatan STEM terdapat langkah-langkah yang mencerminkan kompetensi literasi sains. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-book berbasis STEM materi bakteri untuk melatihkan kemampuan literasi sains dan menguraikan kelayakan teoritis dan empiris dari E-book yang dikembangkan. Pengembangan E-book dilakukan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), tetapi tidak menggunakan  tahapan disseminate. E-book diuji cobakan terbatas, yaitu pada peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 1 Waru yang berjumlah sepuluh orang. Kelayakan teoritis didapatkan dari hasil validasi dosen ahli materi dan guru biologi SMA dengan menggunakan instrumen validasi. Kelayakan empiris atau kepraktisan diperoleh dari hasil analisis respon peserta didik yang dilihat melalui angket respon peserta didik. Hasil yang diperoleh yaitu, pada kelayakan teoritis E-book mendapat skor validasi 89% yang menunjukkan sangat valid. Kelayakan empiris E-book mendapatkan skor 94,35% dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa E-book yang dikembangkan telah  layak secara teoritis dan empiris, dapat melatihkan kemampuan literasi sains bagi peserta didik.

Published
2021-04-28
Section
Articles
Abstract View: 281
PDF Download: 0