Pengembangan E-Book Berbasis Collaborative Learning pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X SMA

  • Humaimah Nakhlah Rafidah Universitas Negeri Surabaya
  • Fida Rachmadiarti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tuntutan abad 21 menekankan pembelajaran dimana literasi sains menjadi titik fokus utama dalam pendidikan.Literasi sains penting untuk ditagihkan mengingat ketika individu memiliki kemampuan literasi sains yang baik,ia akan mampu menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk memberikan solusi atau membuat keputusan terhadap suatu isu atau fenomena. Untuk dapat melatihkan keterampilan literasi sains yang tepat kepada pesertadidik, maka model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan. Model pembelajaran yang cocok diterapkanuntuk melatihkan keterampilan literasi sains adalah model pembelajaran collaborative learning. Media belajarberupa e-book dapat digunakan untuk membantu peserta didik dalam mengasah keterampilan literasi sains mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan e-book secara teoritis dan empiris ditinjau dari hasil validasi, uji keterbacaan, dan respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode 4-D (define, design, develop, dan dessiminate). Tempat pelaksanaan penelitian di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya dan dilakukan uji coba terbatas pada 15 siswa SMA Negeri 2 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan teoritis e-book sebesar 97% (sangat valid) dari hasil validasi dan kelayakan empiris sebesar 99,15% (sangat positif) dari hasil respon peserta didik dengan tingkat keterbacaan berada pada level 10. Sehingga bisa dikatakan e-book sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran siswa kelas X SMA.

Kata Kunci: E-book, Collaborative Learning, Pencemaran Lingkungan, Literasi

Published
2022-02-11
Section
Articles
Abstract Views: 491
PDF Downloads: 581