Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran Ekosistem Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p728-735Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Project Based Learning (PjBL), Keterampilan berpikir kritis, Ekosistem, Electronic Student Worksheet, critical thinking skills, EcosystemAbstract
Pendidikan memiliki peran penting dan menjadi pilar utama pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya poin keempat mengenai pendidikan berkualitas. Pada abad ke-21, peserta didik diharuskan mempunyai keterampilan 4C yaitu critical thinking, creative thinking, communication, dan collaboration. Berpikir kritis merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk menunjang pendidikan pada abad 21. Keterampilan tersebut dapat dilatihkan melalui pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan media pembelajaran E-LKPD berbasis PjBL untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak digunakan. Metode penelitian yang diterapkan yaitu model ADDIE karena langkah-langkah pengembangannya yang bersifat deskriptif dan sistematis. Kelayakan E-LKPD dalam penelitian ini ditinjau berdasarkan validitas dan keterbacaan E-LKPD dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Labschool Unesa 1 dengan mengujicobakan E-LKPD secara terbatas pada 20 peserta didik kelas X. Hasil penelitian berdasarkan aspek validitas mendapat presentase 100% terkategori valid dan aspek keterbacaan berdasarkan angket respon peserta didik dengan presentase 100% terkategori sangat praktis. Dengan demikian, E-LKPD berbasis PjBL untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan dinyatakan layak untuk dapat digunakan pada pembelajaran.
Education plays an important role and is the main pillar in achieving the Sustainable Development Goals (SDGs), especially the fourth point regarding quality education. In the 21st century, students are required to have 4C skills, namely critical thinking, creative thinking, communication, and collaboration. Critical thinking is a skill needed to support education in the 21st century. These skills can be trained through Project Based Learning (PjBL)-based learning using Electronic Student Worksheets (E-LKPD) as a learning medium. This study aims to develop E-LKPD learning media based on PjBL to train students' critical thinking skills that are suitable for use. The research method applied is the ADDIE model because the development steps are descriptive and systematic. The feasibility of E-LKPD in this study is reviewed based on the validity and readability of E-LKPD using quantitative descriptive analysis techniques. The research was conducted at SMA Labschool Unesa 1 by testing E-LKPD limitedly on 20 grade X students. The results of the study based on the validity aspect obtained a percentage of 100% categorized as valid and the readability aspect based on the student response questionnaire with a percentage of 100% categorized as very practical. Thus, E-LKPD based on PjBL to train critical thinking skills that are developed are declared feasible to be used in learning.
Downloads
References
Ariq, M. I., dan Fitrihidajati, H. 2021. Validitas E-LKPD Ekosistem Berbasis Saintifik untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 10 (3): 562-571.
Aulia, F. D., Suhartono, S., & Widyatmoko, A. 2024. Penerapan E-LKPD (Elektronik-Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Kelas VII I SMP Negeri 15 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (pp. 540-549).
Astuti, S., Danial, M., dan Anwar, M. 2018. Project Based Learning Development to Improve Student’s Critical Thinking Skills in Chemical Balancing Materials. Chemistry Education Review (CER), 06(1), 68– 7.
David, Wambui. 2024. The Impact of Project-Based Learning on Developing Critical Thinking and Problem-Solving Skills. Kiu Publication. 3. 51-56.
Facione, P. A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. The California Academic Press.
Fauzi, N. F., & Wisanti, W. 2025. Efektivitas LKPD Ekosistem Berbasis Collaborative Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 6(1), 65-74.
Faradiba, D.F., dan Rachmadiarti, F. 2020. Kelayakan Teoritis E-Book Interaktif Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 9 (2): 179-185.
Karakoc, M. 2016. The Significance of Critical Thinking Ability in Terms of Education. International Journal of Humanities and Social Science, 6(7), 81–84.
Komariyatin, P., dan Dimas, A. 2022. Studi Literatur Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menengah Pertama. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(1), 87-94.
Kristiani, N., Hasanah., Hunaenah, N., Moroki, E.S.G., Kadariyah, N., dan Ibayati, Y. 2018. Manajemen Implementasi Kurikulum 2013. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F, Chitta, F., dan Zulfikar M. R., 2021. Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Lectura, 12(1): 29-40.
Ma’rufah, S. dan Wisanti. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Lumut Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. BioEdu, 12(1): 001-015.
Nisak, E. F. K., dan Susantini, E. 2023. Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. BioEdu, 12(3), 683-694.
Nurlita, R. 2021. Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268.
Nurulia, G. S., dan Qomariyah, N. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Terintegrasi Peserta Didik Kelas XI SMA. BioEdu, 11(2), 285-293.
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. 2022. Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345-2353.
Pratiwi, D. E., & Yuliani, Y. 2021. Pengembangan e-LKPD Berorientasi Learning Cycle 7E pada Sub-Materi Perkecambahan Biji untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. BioEdu, 10(3), 541-553.
Putri, F. N., dan Siswanto, R. D. 2023. Pengembangan E-LKPD untuk Menanamkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 16(3).
Putri, A. P., Rachmadiarti, F., dan Kuntjoro, S. 2023. Implementation of Project Based Learning (PjBL) Model with Differentiation Approach to Improve Critical Thinking Ability. International Journal of Current Educational Research, 2(2), 140-149.
Putri, F. R., dan Puspitawati, R. P. 2024. Pengembangan Flipbook Berbasis PjBL pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA. BioEdu, 13(1), 97-104.
Rahmawati, I., dan Surya, E. 2020. Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 45–52.
Restianingrum, I., dan Isnawati. (2023). The Development of E-LKPD Based on Local Wisdom in Conventional Biotechnology Sub-Materials to Train Student’s Creative Thinking Skills. BioEdu. 12 (1): 138-150.
Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rohana, R.S dan Wahyudin, D. 2017. Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa SD Pada Materi Makanan Dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan. 16(3), 235- 243.
Rukmana, R., Susantini, E., Raharjo, R., dan Borhan, M. T. 2024. Development of PjBL Teaching Module Based on Jombang's Local Wisdom for Training Science Entrepreneurship Skills. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 9(02), 154-168.
Sumanik, N. B., dan Ferawaty Siregar, L. 2023. Pelatihan Pembuatan E-LKPD Melalui Liveworksheets dan Canva Di SMPN 3 Merauke. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 14-24.
Syamsi, A.N. dan Fitrihidajati, H. 2021. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 10(2): 397-402.
Umar, I., dan Yakub, P. 2025. Pengembangan E-LKPD PBL Berbasis Blended Learning Materi Sistem Pernapasan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. BioEdu, 14(1), 54-61.
Wulandari, R., dan Novita, D. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning pada Materi Asam Basa untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Unesa Journal Chemical Education, 7(2), 129–135.
Wulandari, D., & Widodo, A. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning Untuk Materi Ekosistem. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 5(1), 67–75.
Yampap, U., dan Bay, R. R. 2020. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 57-64.
Zannah, H., Mahardika, I. K., Subiki, S., Rahma, A. F., dan Eko, M. W. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis QR Code untuk Menambah Gairah Belajar Siswa SMAN Arjasa Jember. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(3).
Abstract views: 230
,
PDF Downloads: 58











