Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis

  • Widyana Zuhrotun Nisa Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan keterampilan abad ke-21 yang dibutuhkan peserta didik. Problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Upaya melatihkan keterampilan berpikir kritis dapat dilakukan dengan menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan abad ke-21 yaitu dalam bentuk elektronik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis problem based learning pada sub materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop dan disseminate) tanpa tahap disseminate. Parameter penelitian ini yaitu validitas E-LKPD ditinjau dari penilaian ahli, kepraktisan E-LKPD ditinjau dari keterlaksanaan penerapan E-LKPD dan respons peserta didik, keefektifan E-LKPD diperoleh dari ketercapaian keterampilan berpikir kritis. Instrumen penelitian ini diperoleh dari lembar validasi, lembar observasi, lembar angket dan lembar tes. E-LKPD dikategorikan valid apabila skor validasi ≥2,51, praktis apabila persentase keterlaksanaan penerapan E-LKPD ≥75% dan respons peserta didik ≥75%, efektif apabila persentase ketercapaian keterampilan berpikir kritis ≥75%. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi E-LKPD sebesar 4,00 (sangat valid). Hasil uji kepraktisan E-LKPD berdasarkan keterlaksanaan penerapan E-LKPD sebesar 96,67% (sangat baik) dan respons peserta didik sebesar 96,66% (sangat positif). Hasil uji keefektifan E-LKPD berdasarkan ketercapaian keterampilan berpikir kritis indikator interpretasi, analisis dan eksplanasi secara berturut-turut sebesar 100%, 89% dan 91% (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif, sehingga E-LKPD layak digunakan oleh peserta didik.

Kata Kunci: E-LKPD, problem based learning, pencemaran lingkungan, berpikir kritis.

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 81