Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains

  • Niswatul Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1). menghasilkan LKPD berbasis Learning Cycle 7E materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses sains yang valid, praktis dan efektif. (2). mendeskripsikan validitas LKPD. (3) mendeskripsikan kepraktisan LKPD. (4). mendeskripsikan keefektifan LKPD. LKPD yang dikembangkan  terdiri dari 2 LKPD. Topik LKPD 1 uji toksisitas larutan detergen terhadap ikan. Topik LKPD 2 fitoremediasi tanaman eceng gondok terhadap kualitas larutan detergen. LKPD dikembangkan dengan desain penelitian 4D yaitu define, design, develop dan disseminate tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Pengembangan LKPD dilakukan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 peserta didik kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Parameter dalam penelitian ini adalah validitas LKPD ditinjau dari hasil validasi komponen isi, komponen penyajian, komponen kebahasaan, komponen kesesuaian dengan model Learning Cycle 7E dan komponen kesesuaian dengan keterampilan proses sains, kepraktisan LKPD ditinjau dari hasil observasi keterlaksanaan LKPD yang digunakan peserta didik selama kegiatan pembelajaran dan keefektifan LKPD ditinjau dari ketuntasan hasil belajar dan keterampilan proses sains. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi LKPD sebesar 3,97 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD sebesar 94,06% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan LKPD ditinjau dari ketuntasan hasil belajar sebesar 90% dan keterampilan proses sains sebesar 95% dengan kategori sangat efektif.

Kata kunci: Learning Cycle 7E, Keterampilan proses sains, Pencemaran lingkungan.

Published
2020-05-31
Section
Articles
Abstract View: 143
PDF Download: 112