Array
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p562-571Abstract
Kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk menghadapi tantangan di abad ke-21.Oleh karena itu perlu dilatihkan kepada peserta didik. Keterampilan Berpikir kritis memiliki enam aspek yakni interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi, regulasi diri. Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 berbasis Saintifik maka jika dipadukan akan memberikan hasil yang baik karena pada dasarnya ada korelasi. Keterampilan ini harus dimiliki oleh peserta didik ketika memecahkan permasalahan dalam materi Ekosistem. Untuk mempermudahnya maka perlu dikembangkan media berupa Elektronik Lembar Kegiatan Peserta Didik (E LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD yang layak berdasarkan hasil validasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D, yaitu pendefinisian, desain, dan pengembangan tanpa diseminasi. Parameter yang diukur meliputi komponen kelayakan penyajian, komponen isi, komponen bahasa. Validasi dilakukan oleh ahli pendidikan, ahli materi dan guru biologi. Teknis analisis data secara deskriptif kuantitatif. Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil validasi dengan skor 3,62 kriteria sangat valid.
Kata Kunci: validitas, saintifik, E-LKPD, keterampilan berpikir kritis.