Array

Authors

  • Muhamad Iqbal Ariq Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p562-571

Abstract

Kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk menghadapi tantangan di abad ke-21.Oleh karena itu perlu dilatihkan kepada peserta didik. Keterampilan Berpikir kritis memiliki enam aspek yakni interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi, regulasi diri. Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 berbasis  Saintifik maka jika dipadukan akan memberikan hasil yang baik karena pada dasarnya ada korelasi. Keterampilan ini harus dimiliki oleh peserta didik ketika memecahkan permasalahan dalam  materi Ekosistem. Untuk mempermudahnya maka perlu dikembangkan media berupa Elektronik Lembar Kegiatan Peserta Didik (E LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan  E-LKPD yang layak berdasarkan hasil validasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D, yaitu pendefinisian, desain, dan pengembangan tanpa diseminasi. Parameter yang diukur meliputi komponen kelayakan  penyajian, komponen isi, komponen bahasa. Validasi dilakukan oleh ahli pendidikan, ahli materi dan guru biologi. Teknis analisis data secara deskriptif kuantitatif. Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil validasi dengan skor 3,62 kriteria sangat valid.

Kata Kunci: validitas, saintifik, E-LKPD, keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1373 , PDF Downloads: 1407

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>