Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA

  • Sabrina Jenry Fitria Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media yang sering digunakan yaitu Powerpoint. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan versi Powerpoint dapat mengintegrasikan audio, teks, gambar, animasi serta video, sehingga Powerpoint cocok digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan 1) media pembelajaran Powerpoint interaktif yang valid pada submateri pencemaran lingkungan dan 2) mendeskripsikan kepraktisan media Powerpoint interaktif pada submateri pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D (define, design, develop, disseminate) tanpa melakukan tahap disseminate hanya uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan di SMA Negeri 1 Tarik, Sidoarjo dengan sasaran 15 peserta didik. Parameter yang diteliti adalah tingkat validitas media Powerpoint interaktif berdasarkan aspek penyajian, isi, dan ketercapaian berpikir kritis serta kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan aktivitas, hasil jawaban pada fitur Ayo Menentukan, Video-Bio, Tugas Mandiri serta respon peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi, soal dan angket respon peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) validitas media Powerpoint interaktif pada submateri pencemaran lingkungan 92,50% dengan interpretasi sangat valid. 2) Kepraktisan media Powerpoint interaktif pada submateri pencemaran lingkungan berdasarkan keterlaksanaan aktivitas 100% dengan interpretasi sangat praktis, berdasarkan hasil jawaban pada fitur Ayo Menentukan, Video-Bio, dan Tugas Mandiri 85,11% tuntas dengan interpretasi praktis, serta berdasarkan respon peserta didik 97,49% dengan interpretasi sangat praktis.

Kata Kunci: Powerpoint interaktif, berpikir kritis, pencemaran lingkungan.

Published
2023-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 218
PDF Downloads: 206