Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Problem Based Learning Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Masrurotul Ilmiah Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p606-617

Keywords:

LKPD,, Problem based learning,, Ekosistem,, Berpikir kritis,

Abstract

Kurikulum merdeka belajar memuat suatu profil pelajar pancasila yang memiliki enam dimensi pembelajaran, yaitu peserta didik harus mempunyai keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis bisa dikembangkan dengan penggunaan perangkat belajar yang menunjang. LKPD yang mampu menunjang proses belajar adalah LKPD berorientasi Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan dihasilkannya LKPD berorientasi PBL materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) tanpa menggunakan tahapan implementation dan evaluation. LKPD diuji cobakan pada 36 siswa kelas X-G MAN 1 Lamongan. Parameter penelitian yang diukur yaitu validitas LKPD ditinjau dari isi, bahasa, dan penyajian. Kepraktisan LKPD ditinjau melalui keterlaksanaan LKPD dan respon peserta didik. Keefektifan LKPD ditinjau melalui ketercapaian keterampilan berpikir kritis. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan, lembar angket respon, dan lembar tes. Metode pengumpulan data yaitu metode validasi, metode observasi, metode angket, dan metode tes. Data dianalisis melalui deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh validitas LKPD 100% (sangat valid), kepraktisan LKPD berdasarkan keterlaksanaan LKPD 98,59% (sangat baik) dan respon peserta didik sebesar 97,91% (sangat positif), keefektifan LKPD melalui ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis interpretasi 93,98%, analisis 96,76%, eksplanasi 97,22%, inferensi 82,4%, evaluasi 99,07%, regulasi diri 96,76%, dan keseluruhan 94,36% pada kriteria sangat baik. Dengan demikian, LKPD berorientasi PBL dinilai valid, praktis, dan efektif sehingga layak dipergunakan pada proses pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afkarina, Nahdiyah. 2023. Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Bioedu, 12(3): 630-643.

Agnafia, D. N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1): 45-53.

Ahmadi, Idris, Fatria D, dan Haryanto. 2018. Pengembangn E-LKPD Berbasis Praktikum pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIA di SMA Xaverius 2 Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Astuti, H. R., Prayitno, B. A., dan Suwarno. 2016. Penerapan Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Surakarta. Bio-Pedagogi, 5(1): 38-42.

Basar, A. M. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi kasus di SMPIT Nurul Fajri, Cikarang Barat, Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1): 208-218.

Dakabesi, D., dan Luoise, I. S. Y. 2019. The Effect of Problem Based Learning Model on Critical Thinking Skills in The Context of Chemical Reaction Rate. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(3): 395-401.

Facione, Peter A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Count. http://www.insighttassessment.com/content/download/1176/75780/file/what/26why2010.pdf.2015.

Hartiwi, Titik. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Meaningful Learning dalam Pembelajaran Biologi Siswa kelas XI IPA SMA Negeri Sungguminasa. Thesis. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana: Universitas Negeri Makassar.

Herianto, I. 2020. Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Psikotropika untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA. Bioedu, 9(1).

Kemendikbud. 2022. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.

Khairunisa, U., Azis, Z., dan Sembiring, M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbasis Higher Order Thinking Skills. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1): 56-61.

Koasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Kurniahtunnisa, Nur K. D., Nur R. U. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 5 (3): 310-318.

Kurniawan, Agus. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Penyelesaian Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Bruner di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ma’rufah, S. dan Wisanti. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik –Elektronik (E-LKPD) Lumut Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. BioEdu, 12(1): 001-015.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F, Chitta, F., dan Zulfikar, M. R. 2021. Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Lectura, 12(1): 29-40.

Muhzemmil, I., Surur, M., dan Astindari, T. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MA Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2): 2721-2728.

Novitasari, F., dan Puspitawati, R. P. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. JIPB; Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1): 31-42.

Nurjanah, N., dan Trimulyono, G. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Herediatas Manusia. BioEdu, 11(3): 765-774.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Resti, Vica D. A., Ibrohim, dan Rohman F. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM). Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 101-107.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saputra, Setiawan, A., dan Kuntjoro, S. 2019. Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Bioedu, 8(2): 291-297.

Sihafudin, A. 2020. Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Bioteknologi. BioEdu, 9(1).

Syamsi, A. N. dan Fitrihidajati, H. 2021. Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu, 10(2): 397-402.

Sagita, Damelyana. 2016. Peran Bahan Ajar LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 4(2): 37-44.

Wati, R. T., dan Yuliani. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Submateri Transpor Membran untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Bioedu, 9(1): 340-349.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 25 , PDF Downloads: 35

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>