Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA

  • Qorie Rafi Azaly Universitas Negeri Surabaya
  • herlina fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tuntutan keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad  ke-21 salah  satunya yaitu keterampilan berpikir kritis yang dapat didukung oleh kemampuan literasi sains sebagai wadah untuk siswa di Indonesia agar mampu bersaing dan dapat menjawab tantangan dari perkembangan zaman. Tingkat literasi sains siswa di Indonesia menjadi perhatian penuh karena masih rendah. Pemilihan media pembelajaran yang tepat, yaitu Microsoft Office Sway dapat memberi harapan dan mampu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik sehingga mampu menjadi bekal untuk dapat menjawab segala persoalan dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis microsoft office sway yang layak untuk melatihkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Diseminate), tanpa tahap Diseminate. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan media dilakukan di jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Validitas media pembelajaran berbasis microsoft office sway meliputi parameter penyajian, validitas isi dan validitas bahasa. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Microsoft Office Sway yang dikembangkan  validitasnya  sebesar  84,79%  tergolong  kriteria  sangat  valid.  Berdasarkan  penelitian tersebut, media pembelajaran berbasis Microsoft Office Sway pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan kemampuan literasi sains yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: literasi sains, Microsoft Office Sway, perubahan lingkungan.

 

Published
2021-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 1783
PDF Downloads: 1532