Profil Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Praktikum Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi

  • Citra Nuzulla Hariningwang
  • Herlina Fitrihidajati

Abstract

Keterampilan merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam Kurikulum 2013. Keterampilan dapat dilatihkan dengan pendekatan keterampilan proses sains melalui kegiatan praktikum agar peserta didik lebih mudah memahami suatu konsep yang rumit maupun abstrak sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis praktikum materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk melatihkan keterampilan proses sains terintegrasi. Profil LKPD dilihat berdasarkan validitas dan keefektifan LKPD yang dikembangkan di jurusan Biologi Fakultas MIPA Unesa menggunakan model 4-D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop), tanpa tahap penyebaran (disseminate). LKPD diuji cobakan secara terbatas pada 20 peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Validitas LKPD diperoleh melalui telaah oleh 3 validator yaitu ahli materi, ahli pendidikan, dan guru. Keefektifan LKPD diperoleh melalui respon dan hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD sangat valid dengan skor 3,72. Hasil respon peserta didik sebesar 95% dengan kategori sangat positif dan hasil belajar peserta didik sebesar 88,61% sangat baik dalam ketercapaian indikator, sehingga LKPD berbasis praktikum materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk melatihkan keterampilan proses sains terintegrasi dinyatakan efektif. Berdasarkan validitas dan keefektifan LKPD berbasis praktikum materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk melatihkan keterampilan proses sains terintegrasi dinyatakan layak.
Section
Articles
Abstract Views: 599
PDF Downloads: 1080