Validitas Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Sub Materi Pengolahan Limbah Organik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p608-618Keywords:
Modul Elektronik Interaktif, Problem Based Learning, Pengolahan Limbah Organik, Hasil belajarAbstract
Proses pembelajaran yang kurang interaktif, solutif, dan kolaborasi dengan teknologi memberikan proses pembelajaran yang membosankan sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas X. Pembelajaran mampu dioptimalkan dengan memberikan bahan pembelajaran yang interaktif yaitu Modul Elektronik interaktif berbasis Problem Based Learning pada sub materi pengolahan limbah organik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan validitas Modul Elektronik Interaktif dan Soal berdasarkan lembar validasi produk dan soal. Metode pengembangan penelitian ini menggunakan model ASSURE (Analyze learner, State objective, Select methods, media and materials, Utilize methods, media and materials, Require learner participant, Evaluated and revise). Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan di kelas X-10 SMA Negeri 1 Krian sebanyak 36 siswa. Parameter penelitian yang diukur ini adalah validitas produk dan soal dengan analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi ditinjau dari lembar validasi produk oleh 3 validator dinyatakan valid dengan skor rata-rata 98% dengan kategori sangat valid, dan lembar validasi soal dinyatakan valid memperoleh skor rata-rata 99% dengan kategori sangat valid.
Downloads
References
Asri, A. S. T., & Kusumawati, D. 2022. Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465-473.
Awwalina, N. M., & Sifak, I. 2022. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis QR Code untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA pada Materi Ekosistem. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 712-721.
Azaly, Q. R., & Herlina, F. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 218-227.
Az-zarkasyi, M. I. A., & Hindun, H. 2024. Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka. GURUKU: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 69-80.
Dalman, R. P., & Junaidi, J. 2022. Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 1(1), 103-112.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. 2019. Pemanfaatan Teknologi dalam proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abda 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125-129.
Erawati, N. K., Ni Kadek R. P., & I Dewa, A. P. D. S. 2022. Pengembangan E-Modul Logika Matematika dengan Heyzine untuk Menunjang Pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71-80.
Faridah, U., Yuni, S. R., & Sari, K. D. 2022. Pengembangan E-Modul Interaktif untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(2), 394-404.
Ginanjar, A. A., Welly, N. K., & Aveny, S. A. 2025. Analissi Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas X SMA. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(1), 217-228.
Hanipah, S. 2023. Analisis Kurikulum Merdeka Belajar dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abda Ke-21 pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264-275.
Inanna, N, Andi, T. A., & Nurdiana. 2021. Modul Elektronik (E-Modul) sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”, 1232-1241.
Jayawardana, H. B. A., & Rina, S. G. 2020. Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Prosding Seminar Nasional Biologi di Era Pandemi Covid-19, 58-66.
Kustini, S., Syutaridho, & Atika, Z. 2022. Pengembangan Modul Elektrnik Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Of Educatioan in Mathematics, Science, and Technology, 5 (2), 056-065.
Lasmy, Yusrizal, & Razali. 2021. Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional di SMA Kabupaten Aceh Barat. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 444-468.
Lastri, Y. 2023. Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 3(3), 1139-1146.
Ma’rifatul, A., & Yuli, W. 2023. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal PAS Semester 1 Mupel Matematika Kelas V SDN Pandasari Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Journal of Elementary Education, 5(2), 60-70.
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. 2020. Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 4(2), 89-98.
Nuai, A., & Silvi, N. 2022. Urgensi Kegiatan Praktikum dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama. Science Education Research (Search) Journal, 4863.
Nurhidayati, V., Fitri, R., & Merika, S. 2022. Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Motivasi Siswa Kelas X di SMAN 1 Payung Sekaki. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), 707-716.
Pelangi, G. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79-96.
Prasetyo, M. T. 2020. Modul Elektronik sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. ICO EDUSHA: Konferensi Internasional Manajemen Pendidikan dan Ekonomi Syariah, 134-138.
Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13(1), 2239-2253.
Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rukmana, R. D., & Herlina, F. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 621-633.
Shofiyah, N., & Fitria, E. W. 2018. Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38.
Sidiq, R., & Najuah. 2020. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14.
Siregar. W., & Adilah, W. L. 2022. Penggunaan E-Modul Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 6(1), 60-65.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sumarian, A., Muhamad, D., Muhammad, A. F., & Reza, N. 2024. Tingkat Kesadaran dan Kepedulian Siswa SMA Negeri 1 Talaga terhadap Lingkungan Sekitar. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 66-72.
Suryaman, M. 2020. Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 13-28.
Syamsualam, Irfan, & Sumiati, P. 2019. Kelayakan Isi Buku Teks Seni Budaya Kurikulum 2013 SMP/MTS Kelas VIII Ditinjau dari Aspek Pembelajaran Seni Rupa. Jurnal Pakarena, 4(1), 46-53.
Valentina, Y. S., & Guntur, T. 2023. Pengembangan E-Book Ispring Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Fungi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 787-800.
Widodo, J. 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Analisis Wacana Kritis (AWK). In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 2(2).
Yanti, N. I., Enung, N., & Yesi, M. K. 2023. Penggunaan Modul Elektronik Berbantuan Canva pada Pembelajaran Teks Fabel di SMP Kelas VII Kota Cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 6(5), 495-508.
Yanto, D. T. P. 2019. Praktisikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82.
Abstract views: 426
,
PDF Downloads: 55











