Pengembangan Booklet Berbasis Scientific Literacy Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMA

  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Booklet merupakan salah satu inovasi sumber belajar yang dapat digunakan sebagai penerapan pembelajaran berbasis scientific literacy pada materi pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan booklet berbasis scientific literacy secara teoritis dan empiris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain 4-D model yang terdiri dari 4 tahap (1) pendefisian (define), (2) peracangan (design), (3) pengembangan (develop) dan  (4) penyebaran (desseminate), akan tetapi penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (develop). Parameter yang diukur meliputi kelayakan teoritis berupa hasil validasi, dan kelayakan empiris berupa hasil uji keterbacaan dan respon peserta didik. Sasaran uji coba terbatas booklet yaitu peserta didik kelas X SMAN 1 Lamongan berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 – Mei 2020. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet berbasis scientific literacy layak secara teoritis dengan hasil validasi rata-rata 0,81 termasuk dalam ketegori valid, layak secara empiris dengan hasil keterbacaan berada di level 9 dan 10 serta respon peserta didik mendapat hasil rata-rata 97,5% termasuk dalam kategori sangan efektif.

Kata kunci: Booklet, Scientific literacy, Pencemaran Lingkungan

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract View: 328
PDF Download: 347