Validitas E-Book Terintegrasi Hands on Minds on (Homo) pada Materi Ekologi untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA

  • Rafio Rizkyta Putra Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati

Abstract

Pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara online dibutuhkan bahan ajar elektronik yang dapat memfasilitasi dalam pembelajaran biologi sekaligus melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu tuntutan keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 yaitu keterampilan berpikir kritis. Untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis salah satunya dengan menggunakan pendekatan Hands On Minds On, hal ini karena karakteristik pendekatan tersebut mengarahkan siswa untuk berpikir dan melakukan percobaan sehingga dapat memunculkan keterampilan berpikir kritis yang dapat dicapai melalui pengembangan e-book terintegrasi Hands On Minds On (HOMO) materi ekologi dengan berbagai fitur seperti Bio-Think dan Bio-Lab. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan e-book terintegrasi Hands On Minds On (HOMO) materi ekologi yang valid untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Diseminate), tanpa tahap Diseminate. Parameter yang diukur adalah validitas e-book dari aspek penyajian, kelayakan isi, kebahasaan, kesesuaian pendekatan hands on minds on, kelayakan aspek berpikir kritis, dan kegiatan hands on minds on. Validitas diperoleh dari hasil validasi oleh pakar yaitu dosen ahli biologi, dosen ahli pendidikan, dan salah satu guru biologi SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa e-book yang dikembangkan mendapat persentase validitas sebesar 92,87% tergolong kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, e-book terintegrasi Hands On Minds On (HOMO) pada materi ekologi untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA yang dikembangkan telah dinyatakan valid berdasarkan validitas untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran.

Published
2021-07-27
Section
Articles
Abstract Views: 576
PDF Downloads: 614