Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas X

  • Rosiana Dwi Rukmana Universitas Negeri Surabaya
  • Herlina Fitrihidajati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Media pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar siswa karena media pembelajaran berperan penting untuk menyampaikan materi. PowerPoint interaktif merupakan media pembelajaran yang menggabungkan seluruh elemen media seperti teks, gambar, suara dan video sehingga menarik serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar karena didukung oleh fitur-fitur yang tersaji. Media ini digunakan untuk pembelajaran materi komponen ekosistem kelas X. Berdasarkan hasil observasi di sekolah materi tersebut disampaikan hanya dalam bentuk verbal yaitu berpusat pada guru, serta hanya menggunakan buku ajar dan papan tulis sebagai alat bantunya, maka peneliti ingin memberikan dalam bentuk audiovisual sehingga lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint yang valid dan efektif. Parameter yang diukur adalah validitas dan peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Model yang digunakan 4D (define, design, development, disseminate) tanpa disseminate hanya uji coba terbatas. Sasaran penelitian ini siswa SMA Negeri 1 Balongpanggang, Gresik berjumlah 20 Siswa. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, dan tes. Validasi dilakukan oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan guru biologi. Peningkatan hasil belajar diukur melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran PowerPoint interaktif memperoleh rata-rata skor ≥ 3,86 dengan kriteria sangat valid Media PowerPoint interaktif efektif dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai sig. ˃ 0,05 berdasarkan uji normalitas, dan uji t pada kenaikan gain skor yang signifikan sebesar (2-tailed) ˂ 0,05 dengan kategori sedang.

Published
2022-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 1093
PDF Downloads: 692