PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS HYBRID LEARNING PADA SUBMATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA

  • Nur Rachmayanti
  • Nur Kuswanti

Abstract

Peserta didik menganggap sulit pada submateri sistem saraf karena terdapat istilah-istilah yang sulit dipahami sehingga mempengaruhi hasil belajar. Tinggi rendahnya hasil belajar dapat dipicu oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah bahan ajar dan fasilitas sekolah. Fasilitas sekolah seperti wifi jarang dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran. Penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik belajar mandiri berupa modul dapat digabungkan dengan pembelajaran yang memanfaatkan wifi atau berbasis internet dan tatap muka yaitu hybrid learning. Modul pembelajaran berbasis hybrid learning pada submateri sistem saraf merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mempelajari materi sistem saraf pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan modul pembelajaran berbasis hybrid learning pada submateri sistem saraf yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada desain R & D (Research & Development) dan diujicobakan terbatas kepada 15 peserta didik SMAN 17 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar aktivitas peserta didik, lembar tes hasil belajar dan angket respons peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validitas modul ditentukan berdasarkan hasil validasi dari dosen ahli materi dan guru mata pelajaran Biologi. Kepraktisan modul ditentukan dari aktivitas peserta didik. Keefektifan modul dinilai dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis hybrid learning pada submateri sistem sarafsangat valid dengan rata-rata skor 3,92, sangat praktis ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas peserta didik selama menggunakan modul sebesar 92,7% dan sangat efektif berdasarkan peningkatanlhasillbelajarjpesertaldidikjdenganlhasil uji gain sebesar 0,6 (sedang). Berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis hybrid learning pada submateri sistem saraf untuk meningkatkan hasil belajar layak digunakan di SMA yang memiliki fasilitas wifi.

Kata kunci: modul pembelajaran, hybrid learning, hasil belajar, sistem saraf

Section
Articles
Abstract Views: 631
PDF Downloads: 531