Kelayakan Teoritis Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Edmodo dengan Pendekatan Saintifik Sub Materi Jaringan Epitel dan Otot Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p435-448Abstract
Abad 21 peran guru mengalami perubahan. Guru diharuskan lebih memanfaatkan teknologi yang ada. Banyak ragam sumber belajar yang memanfaatkan teknologi saat ini yakni secara online yang dimanfaatkan untuk proses belajar. Pemanfaatan internet dalam pembelajaran juga bisa dilengkapi dengan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Salah satu alternatifnya adalah penggunaan LKPD berbasis Edmodo dengan Pendekatan Saintifik pada sub materi Jaringan Epitel dan Jaringan Otot. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Edmodo dengan Pendekatan Saintifik pada Sub Materi Jaringan Epitel dan Jaringan Otot kelas XI SMA yang valid berdasarkan telaah para ahli. LKPD yang digunakan berbasis Edmodo dengan pendekatan saintifik yaitu pendekatan dengan melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, menalar, dan mengomunikasikan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun tahap penyebaran (disseminate) tidak dilaksanakan hanya sampai tahap develop, yaitu tahap validasi LKPD. Validitas LKPD diukur berdasarkan komponen isi, bahasa, penyajian dan karakteristik LKPD berbasis Edmodo. LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh dosen biologi ahli materi dan dosen biologi ahli pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata validitas secara keseluruhan yaitu 3,79 yang artinya LKPD yang dikembangkan dinyatakan masuk dalam kriteria sangat valid secara teoritis. Oleh karena itu, LKPD hasil pengembangan layak untuk diuji coba.
Kata Kunci: Edmodo, LKPD, validitas