Analisis Butir Soal Ulangan Harian Hasil Pengembangan Guru Materi Sistem Gerak Manusia Kelas XI IPA

  • Wikha Rismaulhijjah Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kuswanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Analisis butir soal merupakan proses mengkaji kualitas butir soal untuk menentukan kelayakan penggunaannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas butir soal yang dikembangkan guru pada materi Sistem Gerak Manusia kelas XI IPA berdasarkan validitas teoritis dan validitas empiris. Validitas teoritis ditentukan berdasarkan hasil validasi ahli pada aspek tingkat kognitif, materi, konstruksi, dan bahasa. Validitas empiris ditentukan berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek materi dan bahasa, soal dinyatakan valid, sedangkan berdasarkan aspek konstruksi, banyak butir soal tidak valid, serta didominasi tingkat kognitif C1, C2, dan C3. Secara empiris, butir soal tipe pilihan ganda termasuk kategori valid (25%) dan tidak valid (75%), reliabilitas rendah, serta berkategori sangat mudah (20%), mudah (15%), sedang (50%), dan sukar (15%), berdaya beda baik (35%), cukup (35%), dan buruk (30%). Butir soal tipe uraian memiliki kategori valid (60%), tidak valid (40%), reliabilitas rendah, serta termasuk kategori sangat mudah (20%), mudah (40%), dan sedang (40%), berdaya beda sangat baik (20%), baik (20%), dan cukup (40%). Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan validitas teoritis, butir soal berkategori valid, namun didominasi tingkat kognitif C1, C2, dan C3, serta tidak valid secara empiris.

Kata Kunci: Analisis butir soal, validitas teoritis, validitas empiris, aplikasi ANATES V4.

Published
2022-07-20
Section
Articles
Abstract Views: 426
PDF Downloads: 732