Pengembangan E-LKPD Berbasis Think Pair Share pada Materi Sistem Gerak untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI

Authors

  • Miftahul Ilmiyah Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kuswanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p405-417

Abstract

Proses pembelajaran di Indonesia selama pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring mulai Maret
2020 hingga sekarang. Menurut salah satu guru biologi, pembelajaran daring ini mengakibatkan peserta
didik kurang aktif serta kurang dilatih untuk berpikir kritis. Salah satu alternatif untuk mengatasinya yaitu
mengembangkan E-LKPD berbasis Think Pair Share (TPS) pada Materi Sistem Gerak Manusia untuk
melatihkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan E-LKPD berbasis TPS
untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang valid dan praktis. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, tanpa tahap Disseminate).
Keterampilan berpikir kritis yang dilatihkan ialah eksplanasi, interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi.
Validitas E-LKPD diperoleh dari hasil validasi dosen pendidikan biologi, dosen ahli media serta guru
biologi berdasarkan aspek penyajian, isi, bahasa dan syarat didaktik. Kepraktisan E-LKPD diperoleh
berdasarkan respon positif peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Gondang. Analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa E-LKPD mendapat skor sebesar 3,9
dengan kategori sangat valid. E-LKPD mendapat respon positif peserta didik sebesar 97% sehingga
berkategori sangat praktis. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, penelitian ini
menghasilkan E-LKPD yang berkategori valid dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Kata kunci: E-LKPD, TPS, berpikir kritis, Sistem Gerak Manusia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 612 , PDF Downloads: 1300

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>