Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis QR Code untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA pada Materi Ekosistem

Authors

  • Nur Mazidah Awwalina Universitas Negeri Surabaya
  • Sifak Indana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p712-721

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul interaktif berbasis QR Code yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan untuk melatihkan literasi sains siswa pada materi Ekosistem. Siswa harus memiliki salah satu keterampilan pada pendidikan abad-21, salah satunya adalah keterampilan literasi sains. Literasi sains menjadikan siswa dapat menerapkan sains dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya pemahaman sains dalam konsep saja, sehingga hal ini penting bagi mereka. Untuk mengembangkan kemampuan literasi sains siswa tersebut harus memperoleh media yang memfasilitasi keterampilan tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Validitas E-modul interaktif berbasis QR Code diukur dari hasil validasi oleh validator, kepraktisan E-modul interaktif berbasis QR Code diukur dari hasil observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan E-modul, dan keefektifan E-modul interaktif berbasis QR Code diukur dari respon siswa dan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan E-modul. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi E-modul interaktif berbasis QR Code diperoleh persentase skor 97,75% termasuk kategori sangat valid. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-modul interaktif berbasis QR Code diperoleh skor 100% yang menunjukkan terlaksana dengan sangat baik. Uji coba terbatas dilakukan pada 15 siswa kelas X MIPA 3 MA. Darul Ulum Waru. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan E-modul interaktif berbasis QR Code. Respon siswa memperoleh skor 82,49% termasuk kategori baik dan efektif. Berdasarkan hasil tersebut pengembangan E-modul interaktif berbasis QR Code dinyatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci: E-modul, Interaktif, QR Code, Literasi Sains, Ekosistem

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 872 , PDF Downloads: 956

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>