Analisis Kategori Indikator Literasi Sains pada Materi Sel dalam Buku Pegangan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p148-154Abstract
Dunia pendidikan saat ini bukan hanya meminta siswa agar terampil dalam kemampuan pengetahuan konsep saja, akan tetapi juga meminta siswa untuk dapat bergerak aktif di dalam proses pembelajarannya. Utamanya pada kurikulum 2013 revisi 2017 yang kini tengah berlaku, terdapat tiga komponen yang akan dicapai oleh siswa yakni karakter, keterampilan, dan literasi. Literasi Sains yakni keterampilan dalam mengaplikasikan konsep sains pada kehidupan sehari-hari serta mampu menggambarkan dan menjelaskan terkiat fenomena ilmiah didasarkan bukti ilmiah. Kemampuan literasi sains juga ditagihkan dalam pembelajaran Materi Sel yang menuntut siswa untuk dapat membuat model mengenai bioproses. Untuk mencapai pembelajaran yang baik diperlukan media berupa buku pegangan siswa yang menjadi dasar media pembelajaran. Peneliti ingin menganalisis beberapa buku pegangan siswa yang telah beredar saat ini apakah telah memuat unsur kategori indikator literasi sains pada Materi Sel ataukah belum. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif, serta metode analisis dokumen. Analisis dilaksakan menggunakan instrumen penilaian dengan 4 kategori utama literai sains yakni: Pengetahuan sains, Penyelidikan hakikat sains, Sains sebagai cara berpikir, Interaksi Sains, Teknologi, dan Masyarakat. Setelah dilakukan analisis data penelitian membuahkan hasil buku A memiliki persentase senilai 90% dengan kategori buku yang sangat baik. Buku B memperoleh persentase 85% sehingga termasuk dalam kategori yang baik, Sedangkan buku C memiliki nilai 75% yang manandakan buku tersebut cukup mengandung kategori unsur literasi sains pada Materi Sel dalam buku pegangan siswa. Hasil analisis buku ini diharapkan mampu menjadi refrensi dalam memiih buku pegangansiswa yang baik.
Kata kunci: Indikator Literasi Sains, Materi Sel, Buku pegangan siswa.