Validitas LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p545-552Abstract
Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Guided Discovery merupakan LKPD yang disusun untuk melatih peserta didik berpikir logis dan objektif dalam menemukan konsep yang dipelajari secara utuh, bermakna, dan menjadikan peserta didik lebih aktif. Tujuan dari penelitian ini ialah supaya menghasilkan LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan berbasis Guided Discovery untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMA yang layak ditinjau dari hasil validasi dua dosen biologi dan satu guru biologi. Proses pelaksanaan penelitian ini berjalan pada Bulan Januari-Mei 2020. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate) namun dalam penelitian ini tahap disseminate tidak dilaksanakan.. Validitas LKPD ditinjau berdasarkan hasil validasi oleh tiga validator. Metode yang digunakan yaitu metode validasi dengan menggunakan instrumen berupa lembar validasi kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakakan sangat valid dan layak digunakan untuk kegiatan belajar dengan mendapat score rata-rata sebesar 3,81 berdasarkan aspek validasi yang terdiri dari syarat teknis, syarat didaktik, syarat konstruksi dan karakteristik LKPD Berbasis Guided Discovery.
Kata Kunci: LKPD, Validitas, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Guided Discovery