Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p12-19Abstract
Pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan literasi sains. Keterampilan literasi sains terkait dengan kemampuan untuk memperoleh suatu pengetahuan secara mandiri melalui aktivitas manusia. Di Indonesia, kemampuan literasi sains peserta didik masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Oleh sebab itu dibutuhkan sarana penunjang yang membantu peserta didik selama kegiatan pembelajaran dalam melatihkan keterampilan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan dan mendeskripsikan validitas LKPD Keanekaragaman Hayati untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode penelitian model 4D yang terdiri dari 4 tahapan utama meliputi: 1) Define; 2) Design ; 3) Develop; 4) Disseminate, namun tahap disseminate tidak dilaksanakan. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode validasi yang diperoleh berdasarkan hasil penilaian oleh tiga validator terdiri dari dosen ahli pendidikan, dosen ahli materi, dan guru biologi menggunakan instrumen lembar validasi dengan kriteria yang telah ditentukan meliputi kelayakan penyajian, kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kesesuaian LKPD dengan keterampilan literasi sains. Analisis data pada penilitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik dinyatakan sangat valid dengan perolehan skor persentase 90,28%. Berdasarkan hasil penilaian dari aspek validitas LKPD dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati disekolah.
Kata kunci: Literasi Sains, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), keanekaragaman hayati.