Pengembangan E-LKPD Berbasis KWL (Know-Want-Learned) Materi Substansi Genetik untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p481-491Abstract
Know-Want-Learned (KWL) merupakan strategi pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk menuliskan pengetahuan awalnya (know), apa yang ingin diketahui (want), dan apa yang telah dipelajari (Learned) pada saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan E-LKPD berbasis KWL yang valid (layak) secara teoritis, dan praktis digunakan dalam pembelajaran biologi materi substansi genetik untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan adalah 3D-E Models. E-LKPD divalidasi oleh tiga validator (dua dosen ahli, dan satu guru biologi). Instrumen penilitian yang digunakan berupa lembar validasi, dan angket respons 16 peserta didik. Lembar validasi untuk memperoleh data validitas E-LKPD berdasarkan aspek Kelayakan Penyajian, Isi, dan Kebahasaan. Angket respons peserta didik untuk memperoleh data kepraktisan E-LKPD yang menunjukkan bahwa E-LKPD tersebut lengkap, menarik, dan mudah dioperasikan, ditinjau dari Tampilan dan Komponen E-LKPD, Kesesuaian E-LKPD dengan Indikator Literasi Sains, dan Kebahasaan. Hasil validasi E-LKPD yang dihasilkan yaitu sebesar 3,94, menyatakan bahwa E-LKPD ini sangat valid. Hasil kepraktisan E-LKPD yang dihasilkan yaitu sebesar 97,2%, menyatakan bahwa E-LKPD ini sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD ini dinyatakan layak, dan praktis digunakan dalam pembelajaran biologi materi substansi genetik untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik.
Kata Kunci: Validitas, Kepraktisan, E-LKPD, Substansi Genetik, KWL, Literasi Sains.