Validitas LKPD Berbasis PjBL pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Eka Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Sifak Indana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p250-256

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan life skills yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Peserta didik dapat berlatih keterampilan tersebut melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek atau Project-Based Learning (PjBL) pada materi spermatophyte. Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dapat membuat pembelajaan PjBL menjadi lebih terarah. Tujuan pengembangan LKPD spermatophyte berbasis proyek adalah untuk menghasilkan dan mendeskripsikan validitas LKPD berbasis PjBL pada materi Klasifikasi Tumbuhan Sprematophyta untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA. Metode penelitian mengacu pada four-D models yakni pendefinisian (define) dan perancangan (design) dan pengembangan (develop) tanpa tahap penyebaran (disseminate). Validasi LKPD dilakukan oleh 2 validator, yakni pakar taksonomi tumbuhan tinggi dan pakar pendidikan berdasarkan aspek penyajian, isi dan kebahasaan. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Validitas medapatkan rerata skor 3.86 pada aspek penyajian, 3.5 pada aspek isi dan 4 pada aspek kebahasaan. Berdasarkan validitas tersebut, LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan dinyatakan valid dan sesuai digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikit kreatif siswa kelas X SMA

Kata kunci: spermatophyta, validitas, LKPD, PjBL

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1322 , PDF Downloads: 1263

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>