Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Psikotropika Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA

  • Intan Zusvie Herianto
  • Sifak Indana

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan kemampuan berfikir secara ilmiah, kritis, dan menggunakan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan kemampuan dan membuat keputusan. Kemampuan literasi sains dalam pembelajaran perlu difasilitasi dengan bahan ajar yang sesuai antara lain Lembar Kegiatan
Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). CTL merupakan pembelajaran yang menekankan proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan ke dalam situasi yang nyata. Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintesis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan keefektifan dan menghasilkan LKS berbasis CTL materi psikotropika untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D. Tahapan model pengembangan ini adalah define (pendefinisian), design (perencanaan), develope (pengembangan) dan disseminate (penyebaran), tetapi pada tahap disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018-Mei 2019. Metode pengumpulan data yaitu metode validasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi LKS berbasis CTL, lembar tes, dan lembar angket respon siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mendapatkan validitas skor sebesar 3,63 dengan kategori sangat valid. Selain itu, hasil belajar memperoleh ketuntasan rata-rata 82%, ketuntasan indikator pembelajaran rata-rata 90,8%, serta respons positif siswa sebesar 97% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data hasil belajar dan respons siswa tersebut, maka LKS dinyatakan efektif. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitas dan keefektifan LKS.
Section
Articles
Abstract Views: 347
PDF Downloads: 302