Validitas dan Kefektifan Video Pembelajaran Materi Ekosistem Menggunakan POWTOON untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA

  • Faradhila Rachmaningsih Universitas Negeri Surabaya
  • Tarzan Purnomo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Materi ekosistem mempunyai cakupan yang cukup luas dan konsep yang kompleks sehingga diperlukan sumber belajar yang tepat untuk memudahkan permasalahan siswa. Perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Media pembelajaran video dapat membantu siswa dalam menganalisis fenomena sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan video pembelajaran materi ekosistem menggunakan powtoon yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Disseminate). Validitas video diukur menggunakan instrumen validasi berdasarkan aspek materi, bahasa, penyajian, ilustrasi, dan penggunaan. Kepraktisan video diukur menggunakan instrumen observasi keterlaksanaan, respons guru dan siswa. Keefektifan video diukur menggunakan tes berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa. Video dinyatakan valid jika validitasnya ≥61%, praktis jika keterlaksanaan dan respons mencapai ≥61%, efektif jika ketuntasan hasil belajar ≥71%. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran dengan skor validitas 3,5 dengan validitasnya 87,5% yaitu sangat valid. Kepraktisan video dari keterlaksanaan pembelajaran mencapai 97,3% yaitu sangat praktis, respons guru dan siswa sebesar 97,7% yaitu sangat positif. Video pembelajaran menggunakan powtoon efektif karena memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,74 (tinggi) dan ketuntasan hasil belajar 100% dengan interpretasi sangat efektif. Dengan demikian video pembelajaran menggunakan powtoon dinyatakan layak digunakan berdasarkan validitas dan keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran materi ekosistem kelas X SMA.

Ecosystem material has a fairly broad scope and complex concepts, so the right learning resources are needed to facilitate student problems. Efforts need to be made to improve student learning outcomes by using appropriate learning media. Video learning media can help students analyze phenomena so as to increase knowledge, understanding, and student learning outcomes. This study aims to produce a learning video of ecosystem material using powtoon that is valid, practical, and effective to improve student learning outcomes. This research uses the 4D development model (Define, Design, Development, and Disseminate). Video validity was measured using validation instruments based on aspects of material, language, presentation, illustration, and use. The practicality of the video was measured using the implementation observation instrument and teacher and student responses. The effectiveness of the video was measured using tests based on the completeness of student learning outcomes. The video was declared valid if the validity was ≥61%, practical if the implementation and response reached ≥61%, and effective if the completeness of learning outcomes was ≥71%. This study produced a learning video with a validity score of 3.5 and a validity of 87.5%, which is very valid. The practicality of the video from the implementation of learning reached 97.3%, which is very practical; teacher and student responses amounted to 97.7%, which is very positive. The learning video using powtoon was effective because it obtained an N-Gain value of 0.74 (high) and 100% learning completeness with a very effective interpretation. Thus, the learning video using powtoon is declared feasible to use based on its validity and effectiveness to improve the learning outcomes of learning ecosystem material in class X high school students.

Published
2024-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 2