Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n3.p694-705Abstract
Ekosistem memiliki cakupan materi yang luas dan konsep yang nyata, sehingga sangat diharapkan peserta didik mampu menemukan konsep belajarnya sendiri. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menggunakan bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka yang mana pembelajaran harus berpusat pada siswa (Student Centered). Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis mind mapping materi ekosistem yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Disseminate). Validitas LKPD diukur menggunakan instrumen validasi berdasarkan aspek penyajian, isi dan kebahasaan. Kepraktisan LKPD diukur menggunakan instrumen observasi keterlaksanaan, respons positif guru dan siswa. Keefektifan LKPD diukur menggunakan nilai tes yang mendapat nilai sedang hingga tinggi. LKPD dikategorikan valid apabila mencapai kevalidan sebesar ?61%, praktis apabila keterlaksanaan dan responss mencapai kepraktisan ?61%, keefektifan apabila persentase ketuntasan hasil belajar ?71%. Penelitian ini menghasilkan LKPD untuk guru dan peserta didik dengan validitas LKPD sebesar 3,9 dengan validitasnya sebesar 97,8% (sangat valid). Hasil kepraktisan LKPD dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kepraktisan sebesar 97,7% (sangat praktis) dan respons guru dan siswa memperoleh respons sebesar 95,8% (sangat positif). LKPD berbasis mind mapping efektif karena memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,72 (tinggi) dan ketuntasan hasil belajar 100% (sangat efektif). LKPD berbasis mind mapping dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan untuk pembelajaran biologi kelas X SMA.
Kata Kunci: LKPD, mind mapping, ekosistem, hasil belajar, kurikulum sekolah, sekolah menengah atas.