Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Blog pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v12n2.p466-472Abstract
Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk menghasilkan sumber belajar berbasis blog pada materi ekosistem yang layak untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan mengetahui respon peserta didik terhadap sumber belajar blog. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan rancangan penelitian model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) tanpa melakukan tahap Disseminate. Instrumen yang dipilih untuk menghimpun data berupa lembar validasi dan angket. Pengumpulan data dengan metode validasi serta angket. Data yang diperoleh berupa hasil validasi yang terdiri dari aspek penyajian, isi dan bahasa, serta respon peserta didik dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa sumber belajar berbasis blog pada materi ekosistem layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan berpikir kritis, dengan validitas 93% yang terdiri dari aspek penyajian validitasnya 86%, aspek isi 100%, dan aspek bahasa 95%. Peserta didik merespon positif terhadap kepraktisan sumber belajar berbasis blog yang dikembangkan. Kesimpulan yang diperoleh yaitu sumber belajar berbasis blog pada materi ekosistem yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X.
Kata Kunci: berpikir kritis, blog, ekosistem, sumber belajar