PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

  • Dian Arimurti
  • Tarzan Purnomo

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran dengan metode Problem Based Learning (PBL) dapat membuat siswa menjadi aktif sekaligus melatihkan keterampilan proses sains siswa karena siswa dituntut untuk dapat memecahkan suatu masalah dengan serangkaian proses. Keterampilan tersebut sangat penting untuk dilatihkan agar ilmu yang diperoleh siswa menjadi lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning pada materi ekologi yang layak untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA. Kelayakan tersebut ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan LKS. Pengembangan LKS dilakukan mengikuti model 4D define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) namun tahap disseminate tidak dilakukan. Dalam penelitian ini, dilakukan uji coba terbatas pada 15 siswa kelas X MIA 5 di SMAN 17 Surabaya pada bulan Januari 2018. Validitas LKS diperoleh setelah LKS ditelaah oleh 2 validator yaitu dosen biologi ahli materi dan ahli pendidikan. Kepraktisan LKS ditinjau berdasarkan aktivitas dan respon siswa. Keefektifan LKS ditinjau berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu skor validitas LKS sebesar 3,5 dengan kategori sangat valid;  kepraktisan LKS ditinjau dari aktivitas siswa sebesar 93% dan respon positif siswa sebesar 100% dengan kategori sangat praktis; dan keefektifan LKS ditinjau dari ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87% dengan kategori efektif.

Kata kunci: pengembangan, lembar kegiatan siswa, Problem Based Learning, ekologi, keterampilan proses sains

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 103