Pengembangan E-Modul Interaktif untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Materi Transpor Membran
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p394-404Abstract
Keterampilan literasi sains menjadi fokus utama penilaian yang ditentukan oleh PISA (ProgrammeInternational for Student Assessment). Berdasarkan data dan fakta, menunjukkan keterampilan literasi
sains siswa Indonesia masih di bawah rata-rata. Literasi sains dibutuhkan dalam penguasaan konsep materi
transpor membran dengan dikemas dalam pembelajaran interaktif berupa modul elektronik. Tujuanpenelitian ini untuk menghasilkan e-modul interaktif yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dankeefektifan untuk melatihkan keterampilan literasi sains siswa materi transpor membran. Penelitiandilakukan berdasarkan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Uji coba terbatas dilaksanakanpada 20 siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Tarik. Validitas e-modul interaktif diukur dari hasil validasi olehvalidator, kepraktisan e-modul interaktif diukur dari hasil uji keterbacaan Grafik Fry, dan keefektifane- modul interaktif diukur dari hasil belajar keterampilan literasi sains dan respon siswa. Data dianalisis
secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi e-modul interaktif memperoleh persentase skor
96,83% tergolong kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan sesuai dengan tingkat berpikir siswa kelas XI. Ketuntasan hasil belajar keterampilan literasi sains memperoleh skor 89% tergolong kategori sangat baik. Respon siswa memperoleh skor 98% tergolong kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut
pengembangan e-modul interaktif dinyatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifansebagai bahan ajar. Kata Kunci: e-modul, interaktif, keterampilan literasi sains, transpor membran