Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Ecopreneurship Peserta Didik Kelas XII SMA

  • Ratna Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Ecopreneurship merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0 karena mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, keterampilan untuk menciptakan hal-hal baru (kreativitas). Pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan indikator keterampilan ecopreneurship dapat dicapai melalui sintaks model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) kepada peserta didik melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mendeskripsikan LKPD berbasis PjBL yang valid untuk melatih ecopreneurship pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian mengacu model pengembangan Fenrich (1997). Penelitian ini diawali dengan kegiatan menganalisis karakteristik peserta didik, kurikulum, konsep dan tugas yang kemudian dilanjutkan perancangan awal dan pengembangan LKPD untuk diuji kelayakannya melalui uji validitas. Teknik pengambilan data dilakukan melalui metode validasi yang diperoleh dari ahli pendidikan dan ahli materi dengan tiga aspek penilaian yakni penyajian, isi, dan bahasa. Validitas LKPD ini memperoleh presentase 96.75% dengan kategori sangat valid. Jika ditinjau dari masing-masing aspek yang dinilai, maka dapat dijabarkan bahwa aspek kelayakan penyajian, aspek kelayakan isi, dan aspek kelayakan bahasa  berturut-turut memperoleh persentase validitas sebesar 97,75%; 98.75%, dan 93,75% dengan kategori semua aspek sangat valid. LKPD yang dikembangkan layak dan dapat diujicobakan untuk menguji efektivitas dan kepraktisannya sebelum diimplementasikan dalam pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan di sekolah.

Kata Kunci: ecopreneurship, Project Based Learning (PjBL), lembar kegiatan peserta didik, materi pertumbuhan dan perkembangan, validitas.

Published
2020-09-30
Section
Articles
Abstract View: 442
PDF Download: 504