Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA

  • Fernanda Dwi Febriarti Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa untuk menguasai keterampilan 4C, salah satunya adalah berpikir kritis. Dengan berpikir kritis akan membuat siswa bernalar dan mampu memutuskan hal hal mana yang lebih efektif. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis adalah dengan menggunakan e-book interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book interaktif materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XII yang valid dan praktis. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilaksanakan pada 15 siswa kelas XII MIPA 6 SMAN 1 Gresik. Validitas e-book interaktif diukur dari hasil validasi oleh tiga validator dan kepraktisan e-book interaktif diukur dari hasil uji keterbacaan menggunakan Grafik Fry dan respon 15 siswa kelas XII SMA. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. E-book  memperoleh persentase rata-rata skor validitas sebesar 98,42% dan tergolong sangat valid. Hasil kepraktisan e-book memperoleh rata rata keterbacaan pada level 12 dan menunjukkan respon positif dengan persentase rata-rata skor sebesar 95,16% dan tergolong sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh, pengembangan e-book interaktif pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XII SMA dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar. Intensitas penggunaan e-book interaktif mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis, karena e-book yang dikembangkan memfasilitasi siswa untuk berlatih keterampilan berpikir kritis.

Kata Kunci: E-book interaktif, keterampilan berpikir kritis, Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Published
2022-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 603
PDF Downloads: 627