Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p224-232Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Guided Inquiry pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan guna menunjang proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop dengan uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas XII IPA 5 SMA Negeri 1 Mojosari. Hasil penelitian menunjukkan validitas LKPD yang dikembangkan sebesar 3,90 dengan kategori sangat layak. Kepraktisan LKPD berdasarkan observasi aktivitas peserta didik mendapatkan hasil sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan ditinjau dari hasil ketercapaian indikator literasi sains dengan skor N-Gain sebesar 0,76, ketuntasan kompetensi literasi sains sebesar 0,79 yang kedua termasuk dalam peningkatan kategori tinggi, dan respon peserta didik mencapai 97,2% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Guided Inquiry, Keterampilan Literasi Sains, Pertumbuhan dan Perkembangan