Pengembangan E-Book Interaktif Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p49-59Abstract
Bahan ajar berbasis elektronik dibutuhkan dalam pembelajaran jarak jauh secara kontekstual pada masa pandemi covid-19, yaitu dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tuntutan keterampilan juga harus dimiliki siswa pada abad ke-21, salah satunya melalui keterampilan berpikir kreatif yang dapat dicapai dengan pengembangan e-book interaktif materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan e-book interaktif berorientasi CTL yang valid maupun praktis untuk melatih keterampilan berpikir kreatif. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan 4-D (Define, Design, Develop dan Diseminate), tanpa tahap Diseminate. Validitas e-book interaktif diperoleh dari validasi pakar yaitu 2 dosen ahli (pendidikan dan Biologi) dan 1 guru Biologi SMAN 1 Gondang Mojokerto. Kepraktisan e-book interaktif diperoleh dari uji keterbacaan menggunakan formulasi grafik Fry, angket respons guru yaitu tiga responden guru biologi berbeda sekolah dan angket respons 20 siswa heterogen kelas XII MIPA 4 SMAN 1 Gondang Mojokerto. Analisis data validitas dan kepraktisan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil analisis e-book interaktif yang dihasilkan diperoleh persentase validitas sebesar 96,54% tergolong kriteria sangat valid. Kepraktisan e-book interaktif diperoleh dari hasil uji keterbacaan yang menunjukkan e-book interaktif sesuai digunakan siswa kelas XII SMA, serta respons guru dan siswa diperoleh persentase kepraktisan secara berurutan sebesar 97,22% dan 99,50% tergolong kriteria sangat valid. Berdasarkan penelitian tersebut, e-book interaktif berorientasi CTL ini dinyatakan valid dan praktis untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran karena mampu melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Kata Kunci: e-book interaktif, Contextual Teaching and Learning (CTL), berpikir kreatif, pertumbuhan dan perkembangan