Validitas dan Kepraktisan e-LKPD Berbasis Learning Cycle 7E untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Sub Materi Transpor Membran

Authors

  • Fitri Nisaul Anisah Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p725-731

Keywords:

Validitas, Kepraktisan, e-LKPD, Learning Cycle 7E, Berpikir kritis, Transpor membran

Abstract

Kurikulum merdeka sebagai bentuk inovasi dalam sistem pendidikan mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kurikulum merdeka memuat Profil Pelajar Pancasila yang berisi aspek berpikir kritis yang termasuk dalam “The 4Cs” untuk memenuhi tuntutan abad 21. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan e-LKPD learning cycle 7E untuk melatih berpikir kritis pada sub materi transpor membran yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Kevalidan e-LKPD didapat dari hasil validasi oleh ahli pendidikan, ahli materi, serta guru biologi. Kepraktisan e-LKPD didapat dari hasil observasi aktivitas peserta didik dan angket respons peserta didik. Penelitian ini diujicobakan kepada kelas XI-F MA Negeri 1 Jombang yang berisi 36 peserta didik. Hasil penelitian yaitu e-LKPD mendapatkan validitas rata-rata yaitu 3,69 dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan sesuai aktivitas peserta didik mendapatkan persentase 100% dan angket respons mendapatkan persentase 98,8% dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian yaitu e-LKPD yang dihasilkan valid dan praktis untuk pembelajaran serta mampu melatihkan berpikir kritis peserta didik.

Kata Kunci: Validitas, kepraktisan, e-LKPD, Learning Cycle 7E, berpikir kritis, transpor membran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. 2018. Tinjauan Deskriptif Penerapan Higher Order Thinking dan Problem-Based Learning pada Mata Kuliah Geometri Berdasarkan Kemampuan Matematika Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 142-156.

Aufa, N., Zubainu, C. M., & Munzir, S. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377-2394.

Depdiknas. 2013. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Mendikdasmen, Depdiknas.

Devi, R. M. 2022. Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Eduscience, 9(2), 405-417.

Eisenkraft, A. 2003. Expanding The 5E Model a Purposed 7E Model Emphasizes “Transfer of Learning” and The Importance of Eliciting Prior Understanding. Published by The National Science, Teachers Association.

Eprilia, I., dan Puspitawati, R. P. 2021. Pengembangan LKPD Mollusca Berbasis Learning Cycle 7E untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 655-662.

Facione, P. A. 2013. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Academic Press, Millbrae, CA.

Irawati, D., Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. 2022. Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Krisna, E. W., dan Yuliani. 2019. Keefektifan LKPD Berorientasi Learning Cycle 7E untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Sub-Materi Perkecambahan Biji. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu).

Mitrayani, Hidayat, S., dan Novitasari, N. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Biologi: BIOEDUKASI, 9(10), 14-26.

Nopriyanty, R. 2019. Time Learning Management Nursing Students Using Time Management Questionnaire (TMQ) in Implementing Problem Based Learning (PBL) Methods. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 8(1), 39-51.

Nugraha, T. S. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI: Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262.

Organisation for Economic Co-operation and Development. 2023. PISA 2022 Results (Volume 1): The State of Learning and Equity in Education. Paris: PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.

Pratama, C., Kaspul, dan Arsyad, M. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Jenjang SMA. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2), 16-23.

Rahayu, E. P., dan Isnawati. 2019. Validitas Buku Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(1), 270-276.

Rahman, A., Sabhayati A. M., Andi F., Yuyun K., dan Yumriani. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Rahmayani, A., Jatmiko, B., dan Susantini, E. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Materi Kalor Menggunakan Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(2), 957-961.

Redhana, I W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.

Riduwan, R. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sihafudin, A., dan Trimulyono, G. 2020. Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil secara Enzimatis Berbasis PBL untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Bioteknologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 73-79.

Sintesa, N., dan Yulaikhah, S. 2022. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penilaian Pembelajaran Melalui Penyusunan Digital Students Worksheet. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(1), 21-35.

Titanika, Y. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Submateri Transpor Membran untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 340-349.

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 39 , PDF Downloads: 15

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>