Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p323-338Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan keterampilan pembelajaran abad ke-21. Model pembelajaran PBL bisa meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena siswa dihadapkan dengan masalah kehidupan nyata dari lingkungan seperti permasalahan pelestarian keanekaragaman hayati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD berbasis PBL pada submateri upaya pelestarian keanekaragaman hayati yang valid, praktis juga efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Pengembangan E-LKPD dilakukan dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate) tanpa tahap disseminate. Uji coba terbatas dilaksanakan kepada 20 siswa kelas 10.9 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Validitas E-LKPD diukur menurut penilaian validator yaitu ahli pendidikan dan ahli materi. Kepraktisan E-LKPD diukur menurut pengamatan kegiatan siswa selama pembelajaran serta respons siswa dan guru mengenai E-LKPD yang dikembangkan. Keefektifan E-LKPD diukur menurut ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis siswa. Data validitas, kepraktisan dan keefektifan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas E-LKPD yaitu 97,25% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan E-LKPD menurut hasil observasi keterlaksanaan yaitu 95% dengan kategori sangat praktis, menurut hasil respons siswa yaitu 88,5% dengan kategori sangat baik dan respons guru 97% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD efektif dengan rata-rata nilai gain score 0,79 dengan kategori tinggi dan rata-rata ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis 88,13% dengan kategori sangat tuntas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis PBL pada submateri upaya pelestarian keanekaragaman hayati yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA.
Kata Kunci: Hilangnya Keanekaragaman Hayati, Keefektifan E-LKPD, Kepraktisan E-LKPD, Validitas E-LKPD