PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID RUMAH SIPUT PADA MATERI MOLLUSCA UNTUK SMA KELAS X

  • Fajar Eric Firmansyah Eric Firmansyah
  • Reni Ambarwati

Abstract

Mollusca merupakan salah satu filum yang dipelajari di kelas X SMA. Media berbasis android merupakan salah satu media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi Mollusca. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berbasis android Rumah Siput sebagai media belajar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ASSURE. Tahap uji coba secara terbatas dilakukan kepada 20 siswa SMAN 1 Arosbaya. Validitas diukur berdasarkan penilaian pakar, kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan dan respons siswa dan keefektifan berdasarkan hasil belajar pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa media berbasis android Rumah Siput sangat layak dengan skor validasi 3,97. Media berbasis android Rumah Siput sangat praktis digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan penggunaan media dan respons siswa. Media berbasis android Rumah Siput sangat efektif digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari ketuntasan indikator hasil belajar siswa. Media berbasis android Rumah Siput terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: media berbasis android Rumah Siput, Filum Mollusca

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract View: 110
PDF Download: 158