Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Submateri Animalia Vertebrata untuk Melatihkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • A. Hilmi Ulin Naja Universitas Negeri Surabaya
  • Reni Ambarwati Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p270-285

Keywords:

Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, LKPD, Project based learning, Animalia vertebrata, Kemandirian belajar

Abstract

Kemandirian belajar adalah kemampuan peserta didik untuk berinisiatif dalam proses pembelajaran, baik dengan maupun tanpa bantuan orang lain. Kemandirian belajar penting ditingkatkan karena merupakan strategi untuk mengatasi penurunan pengetahuan akademik dalam periode tertentu pada peserta didik (learning loss). Materi animalia vertebrata selaras untuk melatihkan kemandirian belajar karena membutuhkan peran aktif peserta didik dalam mengidentifikasi serta mengklasifikasi. Project Based Learning (PjBL) cocok dalam melatihkan kemandirian, karena mendorong peserta didik untuk berinisiatif, disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab dalam kelompok mandiri. Penerapan PjBL lebih maksimal dengan dikemas dengan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran LKPD berbasis PjBL submateri animalia vertebrta untuk melatihkan kemandirian belajar, serta mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Terdapat fitur-fitur LKPD meliputi Bio-learning, Bio-Planing, Bio-Project, dan Bio-Present yang fungsinya disesuaikan dengan sintak PjBL dan merujuk melatihkan indikator kemandirian belajar. Model pengembangan penelitian ini yaitu model 4D (define, design, develop, disseminate). Sebanyak 30 siswa dari kelas X IPA MAN 1 Bojonegoro mengikuti uji coba. Validitas LKPD ditinjau dengan kelayakan isi, penyajian, kebahasaan oleh validasi ahli. Kepraktisan LKPD ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran serta respons perangkat oleh guru serta siswa. Keefektifan LKPD ditinjau dari observasi serta respons kemandirian belajar. Berdasarkan penelitian mendapatkan hasil bahwa LKPD valid dengan rata-rata sebesar 3,8. LKPD praktis dengan persentase keterlaksanaan sebesar 100% dan respons perangkat oleh guru sebesar 100% serta siswa 98% serta LKPD dinyatakan efektif dengan persentase dan respons kemandirian sebesar 91%. Temuan ini mengindikasikan bahwa LKPD valid, praktis, dan efektif, sehingga layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, M., Rasimin, R., & Yaksa, R. A. (2023). Faktor Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Siswa dalam Belajar di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21087–21097. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9849.

Alexandrovna, R. N. (2018). Development of Independence among Future Primary School Teachers by Applying Interactive Learning Methods. Journal of Education and E-Learning Research, 5(2), 118–121. DOI: 10.20448/journal.509.2018.52.118.121.

Anifah, A., Susanti, S., Harahap, F., & Anita, A. (2023). Analysis of Independent Learning Development Independent Campus Learning (MBKM) in Increasing Learning Motivation Students on Group Dynamics Course at Universitas Negeri Medan. EAI, 8(3), 1-9. DOI: 10.4108/eai.24-11-2022.2332602.

Angrist, N., et, al. (2021). Building Back Better to Avert a Learning Catastrophe: Estimating Learning Loss from COVID-19 School Shutdowns in Africa and Facilitating Short-Term and Long-Term Learning Recovery. International Journal of Educational Development, 8(4), 1-14. DOI: 10.1016/j.ijedudev.2021.102397.

Apsari, Y., Mulyani, E. R., & Lisdawati, I. (2019). Students’ Attitudes Toward Implementation of Project Based Learning. Journal Of Educational Experts (JEE), 2(2), 123. https://doi.org/10.30740/jee.v2i2p123-128.

Ardiana, R., & Fitrah Dewi, R. (2023). Pengembangan E-Atlas Vertebrata pada Materi Animalia untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 46–56. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n1.p46-56

Batyi, T. T. (2019). Multilingual glossaries: a solution for epistemological access in higher education. Journal for Language Teaching, 52(2), 50. https://doi.org/10.4314/jlt.v52i2.3.

Becerra-Posada, T., García-Montes, P., Sagre-Barbosa, A., Carcamo-Espitia, M. I., & Herazo-Rivera, J. D. (2022). Project-based Learning: The Promotion of Communicative Competence and Self-confidence at a State High School in Colombia. HOW, 29(2), 13–31. https://doi.org/10.19183/how.29.2.560.

Bruun, S. (2022). Close the Diversity and Inclusion Gap - Lock down Students’ Devices and Stay Focused in Class. London International Conference on Education (LICE-2022) and World Congress on Special Needs Education (WCE-2022), 46–46. https://doi.org/10.20533/WCSNE.2022.0002.

BSKAP. 2024. Instrumen Penilaian dan Penelaahan. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (online) https://bntp.buku.kemdikbud.go.id/ instrumen, (diakses tanggal 23 Juni 2023).

Cahyono, A. E. (2023). Membangun Kemandirian Belajar untuk Mengatasi Learning Loss dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 167-174. DOI: 10.31537/ej.v7i2.1257.

Caswell, C. J., & LaBrie, D. J. (2017). Inquiry Based Learning from the Learner's Point of View: A Teacher Candidate's Success Story. Journal of Humanistics Mathematics, 7(2), 161-186. DOI: 10.5642/jhummath.201702.08

Cheng, S., Xie, K., & Collier, J. (2023). Motivational beliefs moderate the relation between academic delay and academic achievement in online learning environments. Computers & Education, 195, 104724. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104724

Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the Effects of Project-Based Learning on Students' Academic Achievement: A Meta-Analysis Investigating Moderators. Educational Research Review, 11(1), 1-35. DOI: 10.1016/j.edurev.2018.11.001.

Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 7(1), 1-36. DOI: 10.24252/jpf.v7i1a6.

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 55-65. DOI: 10.36765/jartika.v3i1..20.

Eswaran, U. (2024). Project-Based Learning (pp. 23–43). https://doi.org/10.4018/979-8-3693-2169-0.ch002.

Farida, A. (2023). Pilar-pilar Pembangunan Karakter Remaja: Metode Pembelajaran Aplikatif untuk Guru Sekolah Menengah. Nuansa Cendekia. ISBN: 9786023502561.

Gambo, Y., & Shakir, M. Z. (2023). Evaluating students’ experiences in self-regulated smart learning environment. Education and Information Technologies, 28(1), 547–580. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11126-0.

Gurbuz, H. (2022). Learning and Learners’ Inability to Learn a Foreign Language. International Journal of Social Science Research and Review, 5(9), 323–328. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i9.442.

Habiba, R., Ngabekti, S. and Indriyanti, D.R. (2023) 'Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Hayati di Kabupaten Jepara sebagai Suplemen Bahan Ajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Konservasi Lingkungan', Journal on Education, 6(1), pp. 620-635. Available at: https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2 973 (Accessed: 31 May 2023).

Harahap, G. R. (2023). Peningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembuatan LKPD Melalui Bimlat Model CLKKM (Contoh, Latihan, Kontrol, dan Karya Mandiri) di Gugus VIII Kecamatan Tanjung Morawa. JS (JURNAL SEKOLAH), 7(2), 325. https://doi.org/10.24114/js.v7i2.44500.

Herdiyanto, D. M., Sulton, & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Tema Tanah bagi Siswa Tunagrahita. JKTP. Vol 3 (1): hal. 88-96.

Hermawan, I. (2019). Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Kuningan: Hidayatul Quran.

Hernawati, D. (2018). Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal terhadap Scientific Literacy, Keterampilan Proses Sains dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru pada Mata Kuliah Zoologi Vertebrata. Doctoral Thesis. Universitas Negeri Malang.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2009). Improving Instruments of Students’ Self-Regulated Learning. FMIPA UNY Mathematics Education Department.

Ibrahim, P.A.A.E.M. (2017). Pictured Glossary in Biology. Scientific Research Publishing, Inc. USA. ISBN: 9781618963680.

Indarta, Y., et, al. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2) 3011-3024. DOI: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Izquierdo-Álvarez, V., & Narrea-Concha, D. G. (2023). Design and Development of E-Learning Training Using Project-Based Learning (pp. 251–273). https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7634-5.ch011

Ismail, M., & Bay, R. R. (2024). Analysis of The Cultivation of Pancasila Student Profile Values to Build Student Character in Ypk Ermasu Merauke Elementary School. Jurnal Eduscience, 11(1), 149–162. https://doi.org/10.36987/jes.v11i1.5659

Kemendikbud. (2021). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila (Kemendikbud (ed.)). Jakarta. Indonesia: Kemen Ndikbud.

Kusumawardani, S., Diyanti., R., Santoso, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa. Seminar Penelitian LPPM UMJ, 13(4), 140-151.

Li, Y. (2021). Reality Versus Beliefs About the Effects of the Preview Learning Method. Journal of Education and Learning, 10(6), 1. https://doi.org/10.5539/jel.v10n6p1.

Lim, S. W., Jawawi, R., Jaidin, J. H., & Roslan, R. (2023). Learning History Through Project-Based Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(1), 67–75. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i1.20398.

Maimunah, Izzati, N., & Dwinata, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik. Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Konteks Kemaritiman untuk Peserta Didik SMA Kelas XI. Jurnal Gantang, 4(2), 133-142. DOI: 10.31629/jg.v4i2.1530.

Martiani, M. (2021). Kemandirian Belajar melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Faculty of Education. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Miranda, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual pada Materi Kingdom Animalia Kelas X. Pendidikan Biologi. Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

Muhammad, R. A., & Ambarwati, R. (2021). Pengembangan E-Book Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Belajar untuk Melatihkan Literasi Digital Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 326–334. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p326-334

Mulyana, D., Setiawan, D., & Gustaman, R. F. (2022). Hellison Model Hybridation with Project Based Learning (Pjbl) on Responsibility in Online Learning. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(1), 315. https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.6840.

Munandar, R. R., Rostikawati, T., & Susanto, L. H. (2022). Cognitive Load Lecture on Diversity and Classification of Vertebrates Through Moodle-Based Online Learning. Journal of Educational Sciences, 6(1), 107. DOI: 10.31258/jes.6.1.p.107-115.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 6(1), 35–47. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2911

Nurlia, N., et, al. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321-328. DOI: 10.24114/jpb.v6i2.6552.

Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 108-112.

Parker-Shandal, C. (2023). Participation in Higher Education Classroom Discussions: How Students’ Identities Influence Perspective Taking and Engagement. Teaching and Learning Inquiry, 11. https://doi.org/10.20343/teachlearninqu.11.19.

Peter, M., Diekötter, T. and Kremer, K. (2019) 'Participant Outcomes of Biodiversity Citizen Science Projects: A Systematic Literature Review', Sustainability 2019, Vol. 11, Page 2780, 11(10), P. 2780. Available at: https://doi.org/10.3390/SU11102780.

Pratiwi, K., & Andriyanti, E. (2019). External Factors Causing Students’ Difficulties in Listening. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 4(2), 227. https://doi.org/10.21462/jeltl.v4i2.282.

Purnomo, A., & Ekantini, A. (2023). Improving Student Learning Independence Towards Project-Based Learning Model: A Case Study in Making Herbarium Name Card Products. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 7(2), 271–282. DOI: 10.24071/ijiet.v7i2.6447.

Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662.

Putri, B. C., & Ambarwati, R. (2023). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Materi Vertebrata untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik SMA Kelas X. BioEdu, 12(2), 506-514.

Riduwan dan Sunarto. (2007). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ruiz Diaz de Salvioni, V., & Armoa, A. (2023). Stage Fear as a Communicative Barrier in the Classroom in the Business Engineering Career of the Private University of the East Subsidiary Ciudad del Este. Revista Gênero e Interdisciplinaridade, 4, 446-463. DOI: 10.51249/gei.v4i03.1440.

Saryanto, S., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Susilawati, R. D., Susilo, M. J., Sukendi, S., Yasin, Y., Maemunah, N., Sudarmika, P., Dewi, Y., & Nurhasanah, E. (2022). Mitigasi dan pencegahan learning loss pendidikan di Indonesia. Media Sains Indonesia.

Samnidze, M. (2022). Advantages of project-based learning. Enadakultura. Doi: 10.52340/lac.2022.807.

Soekamto, H. (2021). Panduan Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). DOI: 10.13140/RG.2.2.35713.17766.

Suherni, N. (2021). Membangun Karakter Mandiri melalui Pembelajaran Biologi selama Masa Pandemi Covid-19. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 6(1). https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i1.4099

Susanti, E. (2016). Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ragam Media Sosial. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3, 229-250.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. “Instructional Development For Training Teacher Of Exceptional Children A Sourcebook”. Journal of School Psychology. Vol. 14(1). Indiana University. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.

Triyanto, T. (2019). Understanding student participation within a group learning. South African Journal of Education, 39(2), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v39n2a1629.

Ukpabio, A. G. (2019). Alone But Together: Exploring the Possible Barriers Impacting Learners’ Feeling of Belonging in a Further Education Networked Learning Group. Journal of Education and Practice. https://doi.org/10.7176/JEP/10-9-16.

Wieland, L. M., Ebner-Priemer, U. W., Limberger, M. F., & Nett, U. E. (2021). Predicting Delay in Goal-Directed Action: An Experience Sampling Approach Uncovering Within-Person Determinants Involved in the Onset of Academic Procrastination Behavior. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.695927.

Wulandari, A., et, al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. DOI: 10.31004/joe.v5i2.1074.

Zarouk, M. O. (2020). The Impact of Flipped Project Based Learning on Self-Regulation In Higher Education. Internationla Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(17), 127-147. DOI: 10.3991/ijet.v15i17.14135.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 332 , PDF Downloads: 28

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.