Pengembangan E-Book Interaktif sebagai Sumber Belajar Submateri Animalia Invertebrata untuk Melatihkan Kemandirian Siswa SMA Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p001-015Keywords:
E-book interaktif, Sumber belajar, Kemandirian belajar siswa, InvertebrataAbstract
Kemandirian belajar siswa penting bagi siswa karena dengan mandiri, siswa bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Untuk melatihkan kemandirian belajar siswa, serta untuk merealisasikan tuntutan siswa belajar secara mandiri diperlukan adanya penyesuaian antara bentuk sumber pembelajaran dengan kebutuhan pembelajaran siswa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Book iSpring interaktif submateri Animalia Invertebrata yang valid, efektif, dan praktis untuk melatihkan kemandirian siswa. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Validitas E-Book dinilai dari aspek penyajian, isi, indikator kemandirian, dan bahasa, kepraktisan diperoleh dari uji keterbacaan, angket respons positif guru dan siswa, serta observasi keterlaksanaan E-Book, keefektifan diperoleh dari angket respons kemandirian siswa. E-Book iSpring interaktif yang dihasilkan memuat enam indikator kemandirian yakni tidak bergantung terhadap orang lain, percayaan diri, disiplin, bertanggung jawab, inisiatif, dan kontrol diri. Hasil menunjukkan E-Book iSpring interaktif sangat valid (91,67%), sangat praktis berdasarkan keterbacaan pada level 10, respons positif guru (95%), respons positif siswa (98,61%), dan observasi keterlaksanaan (96,92%), efektif dalam melatihkan kemandirian siswa kelas X setelah mengikuti pembelajaran (97%). E-Book iSpring interaktif submateri Animalia Invertebrata dinyatakan dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas X SMA berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Kata kunci: e-book, ispring, sumber belajar, kemandirian belajar siswa, invertebrata
Downloads
References
Anggraena, Y et al. 2020. Kajian pengembangan profil pelajar pancasila edisi 1. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.
Ambarwati, R. & Rusyady, I.H. 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains dalam Buku Ajar yang Dikembangkan Mahasiswa Calon Guru Biologi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 321-329.
Ashshidiqqi, H. 2017. Pengembangan E-Book Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Konsep Kingdom Animalia. Perpustakaan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Azrai, E.P. & Dj, R.D.R. 2013. Efektifitas Penerapan E-Book sebagai Sumber Belajar Mandiri dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding SEMIRATA. 1(1), 243-250.
Basuki, S. 2014. Glosarium Istilah Ilmu Perpustakaan dan Informasi Inggris-Indonesia. Papua: Aseni.
BSNP. 2014. Panduan Penilaian Buku Teks Pelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hadi, S. 2015. Tingkat keterbacaan reading materials dalam mata kuliah telaah teks Bahasa Inggris STAIN Pamekasan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 12(1), 113-134.
Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P. & Wardani, M.A. 2022. Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352-7359.
Hidayati, K. & Listyani, E., 2010. Pengembangan instrumen kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14(1), 84-99.
Hsu, A.J.C., Chen, M.YC. & Shin, NF. 2022. From academic achievement to career development: does self-regulated learning matter?. Int J Educ Vocat Guidance 22, 285–305.
Kusumawardhani, A. & Raharjo, R. 2019. The Development of Observation Student Worksheet In English Version of Invertebrates For Grade X Based On Scientific Approach. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(2). 76-84.
Morrison, G.R. 2012. Designing effective instruction. John Wiley & Sons.
Mulyadi, M.A., Efi, A. & Syah, N., 2019. Development of Pastry Learning E-Modules In The Hospitality Study Program of Community Academy Padang Pariaman. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 4(1), 91-96.
Ninawati, M., Burhendi, F.C.A., & Wulandari. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Education, 7(1), 47-54.
Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. 2017. Development of E-Module Combining Science Process Skills and Dynamics Motion Material to Increasing Critical Thinking Skills and Improve Student Learning Motivation Senior High School. In International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1) 45-54.
Putra, R.R. & Fitrihidajati, H., 2022. Validitas E-Book Terintegrasi Hands on Minds on (Homo) pada Materi Ekologi untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 116-126.
Qoni'ah, B.N.T. & Kuntjoro, S., 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 9 pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(2), 356-364.
Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk. Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Riduwan, & Akdon. 2020. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Siddaiah-Subramanya, M., Nyandowe, M., & Zubair, O. 2017. Self-regulated learning: Why is it important compared to traditional learning in medical education? Advances in Medical Education and Practice, 8, 243–246.
Smith, K. 2017. Teachers as self-directed learners: Active positioning through professional learning. Singapore: Springer.
Sukirman, S., 2020. Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan No. 33/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah pada kurikulum merdeka.
Tamba, Y.R., Napitupulu, M.A. & Sidabukke, M. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Hewan Invertebrata di Kelas X. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1).
Yudha, R.I., Azmi, U. & Larasati, L. 2020. Analisa Pemanfaatan Teman Sebaya dalam Perkembangan Belajar Siswa Pada Program Keahlian di SMK PGRI 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 773-777.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)