PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM RUMAH BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

  • kifa laxmi putri wananda mahasiswa
  • Muji Sri Prastiwi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Platform Rumah Belajar dikembangkan dan dibuat oleh Kemendikbud sejak tahun 2011 untuk memfasilitasi pembelajaran siswa yang berfungsi meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform Rumah Belajar terhadap kemandirian belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 67 siswa SMA dengan kriteria pernah menggunakan platform Rumah Belajar untuk pembelajaran biologi. Kemandirian siswa dapat diukur dengan melakukan uji regresi sederhana melalui software SPSS untuk mengetahui pengaruh antar dua variabel penelitian. Hasil penelitian ini diketahui bahwa platform Rumah Belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran biologi sebesar 23,1%. Pengaruh tersebut dikarenakan interface platform yang mudah, fitur video animasi biologi dan bank soal mempermudah kegiatan pembelajaran sehingga siswa mudah memahami berbagai materi biologi seperti virus, genetika, sistem pencernaan manusia, sistem reproduksi dan lain sebagainya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa platform Rumah Belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran biologi.

Published
2023-02-26
Section
Articles
Abstract Views: 172
PDF Downloads: 0 PDF Downloads: 200