Pengembangan E-Book Iinteraktif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ttranspor Membran
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p296-305Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-book interaktif untuk mengurangi miskonsepsi pada materi transpor membran yang valid secara teoritis dan validitas empiris. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan menggunakan desain penelitian model 4D yaitu define, design, develop, disseminate. E-book interaktif untuk mengurangi miskonsepsi menggunakan langkah pembelajaran klinis 5e-learning cycle, yakni engagement, exploration, explanation, elaboration dan evaluation dengan komponen buku berupa gambar, video, hyperlink, dan QR-code sehingga dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada materi transpor membran. Hasil penelitian berupa e-book yang memenuhi kriteria: 1) validitas teoritis berdasarkan syarat teknis dengan skor sebesar 96,5%, syarat konstruksi (97,9%) dan syarat didaktik dengan skor sebesar 100% sebagai e-book yang bersifat interaktif; serta 2) validitas empiris, yaitu dapat mengurangi miskonsepsi materi transpor membran dari tingkat miskonsepsi 54,20% menjadi 2,85%. Dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif pada materi transpor membran valid secara teoritis dan empiris.
Kata Kunci : E-book Interaktif, Miskonsepsi, 5-learning cycle, Transpor Membran.