Pengaruh Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share (CL-TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan

  • Obet Kusuma Wardana Universitas negeri surabaya
  • Muji Sri Prastiwi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Cooperative Learning tipe Think Pair and Share terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi perubahan lingkungan. Model Pembelajaran CL-TPS ialah model pembelajaran yang terdiri dari gabungan kelompok kecil dimana siswa diberikan waktu untuk berpikir dan merespons pertanyaan dan menumbuhkan sifat membantu satu sama lain dalam mengemukakan pendapat dan berinteraksi dengan teman sebaya yang berdampak terhadap peningkatan hasil belajarnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah Mixed method sequential exploratory merupakan penggabungan dari  pendekatan kualitatif dilanjutkan dengan pendekatan kuantitatif secara terstruktur. Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Islam Shafta Surabaya dengan jumlah partisipan 21 siswa pada kelas X MIPA 1.  Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari pre-test dan post-tes , lembar pengamatan dan angket respon. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan metode observasi. Analsisi data pada penelitian ini menggunakan n-gain score dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai sesudah pembelajaran CL-TPS. Hal ini ditandai dengan perolehan n-gain siswa sebesar 76,19% dengan kategori bagus dan ketuntasan belajar siswa sebesar 86%. CL-TPS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan model CL-TPS menjadikan siswa aktif dalam berfikir yang akan berdampak terhadap hasil belajar siswa.

Published
2023-05-05
Section
Articles
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 178