PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SUBMATERI MOLLUSCA UNTUK KELAS X SMA

  • Eringga Baharudin
  • Reni Ambarwati

Abstract

Scientific Approach merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengajarkan materi Mollusca dengan pembelajaran yang bersifat student centered yang dapat dipandu menggunakan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Scientific Approach submateri Mollusca yang valid, praktis, dan efektif, serta mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD tersebut. Pengembangan LKPD menggunakan metode 4-D yaitu Define, Design, Develop, tanpa menerapkan tahap Disseminate. Uji coba dilakukan pada 20 peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 1 Krian. Data validitas diperoleh melalui validasi oleh validator. Kepraktisan LKPD diukur berdasarkan penilaian keterlaksanaan pembelajaran atau obseravasi peserta didik selama menggunakan LKPD oleh pengamat dan respons peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD. Keefektifan LKPD diukur berdasarkan hasil belajar peserta didik berupa pre-test dan post-test dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan LKPD. Data validitas, kepraktisan, dan keefektifan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas LKPD sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD berdasarkan hasil observasi peserta didik sebesar 94,5% dengan kategori sangat praktis dan berdasarkan respons peserta didik positif sebesar 94,3%. Keefektifan berdasarkan hasil belajar peserta didik sebesar 100% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penilaian validitas, kepraktisan, dan keefektifan, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Scientific Approach submateri Mollusca valid, praktis, dan efektif.

Kata kunci: validitas, kepraktisan, keefektifan, LKPD, Scientific Approach, Mollusca

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract View: 176
PDF Download: 194