Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA/MA Kelas X

  • Safira Kautsaranny Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Isnawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan kompetensi yang penting dikuasai siswa di abad ke-21 untuk mengatasi tuntutan akan ide dan tindakan baru yang inovatif. E-book interaktif merupakan sumber belajar berbentuk digital yang menggabungkan fitur pembelajaran interaktif dengan berbagai elemen. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book interaktif keanekaragaman hayati siswa SMA kelas X untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Parameter penelitian ini yaitu validitas, keterbacaan, respons guru dan siswa, serta hasil keterampilan berpikir kreatif. Validitas diperoleh dari instrumen validasi pada aspek penyajian, isi, dan kebahasaan. Kepraktisan diperoleh pada uji keterbacaan serta respons guru dan siswa. Keefektifan diperoleh pada latihan keterampilan berpikir kreatif. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi e-book interaktif memperoleh skor 3,80 tergolong kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan mencapai keterbacaan pada level 10 artinya sesuai digunakan untuk kelas X SMA. Respons guru memperoleh persentase 100% dan respons siswa memperoleh persentase 98,8% termasuk kategori sangat baik. Hasil latihan berpikir kreatif pada indikator fluency mendapatkan persentase rata-rata 82,5%; flexibility 100%; originality 100%; dan elaboration 87,5%. E-book interaktif dinyatakan layak digunakan berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk pembelajaran Biologi kelas X SMA.

Kata Kunci: e-book, interaktif, keanekaragaman hayati, berpikir kreatif

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 41