PROFIL MISKONSEPSI BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI KURIKULUM 2013 DAN PENYELESAIANNYA PADA MATERI EVOLUSI

  • Nurul Afifah Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Isnawati Universitas Negeri Surabaya
  • Isnawati Isnawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep apa saja pada materi evolusi yang mengalami miskonsepsi, mendeskripsikan persentase kategori miskonsepsi dan memaparkan konsep yang benar konsep-konsep yang mengalami miskonsepsi. Analisis dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penjaring miskonsepsi yang sudah divalidasi dosen ahli. Penelitian yang diterapkan adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode studi dokumen. Kategori miskonsepsi dibagi menjadi lima macam yaitu: misidentifications, overgeneralizations, oversimplifications, obsolete concepts and terms, dan udergeneralizations. Obyek penelitian ini yaitu tiga buku biologi SMA kurikulum 2013. Hasil menunjukkan bahwa sub konsep yang mengalami miskonsepsi dengan persentase paling tinggi yaitu konsep adaptasi dan seleksi alam sebesar 29%, sedangkan konsep yang mengalami miskonsepsi dengan persentase paling rendah adalah konsep teori evolusi Lamarck sebesar 4%. Buku teks A, B, dan C yang dikaji mengalami miskonsepsi dengan persentase 20%, 33,3%, dan 30%.  Kategori miskonsepsi yang ditemukan pada ketiga buku teks yaitu oversimplifications dan obsolete concepts and terms dengan persentase 82,5% dan 12,6%, sedangkan kategori misidentifications hanya ditemukan di buku teks A sebesar 4,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku teks pelajaran biologi khususnya pada materi evolusi yang digunakan di sekolah-sekolah memiliki miskonsepsi dalam penjelasannya.

Kata Kunci: Buku teks biologi, miskonsepsi, evolusi

Published
2023-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 405
PDF Downloads: 363