PROFIL MISKONSEPSI BUKU TEKS PADA KONSEP ENZIM DAN METABOLISME SEL KELAS XII SMA DI KABUPATEN SIDOARJO

  • Berliana Oka Kirana Putri
  • Isnawati Isnawati

Abstract

Miskonsepsi adalah pemahaman terhadap konsep yang berbeda dengan kesepakatan para ahli. Miskonsepsi dapat mengganggu dan mengakibatkan kesalahan dalam penerimaan konsep. Salah satu penyebab miskonsepsi adalah buku teks. Konsep dalam buku teks yang seringkali mengalami miskonsepsi adalah konsep Enzim dan Metabolisme Sel. Di Kabupaten Sidoarjo, miskonsepsi siswa pada materi Enzim dan Metabolisme Sel cukup tinggi yakni sebesar 50% (Rusydiana, 2016). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persentase miskonsepsi pada buku teks dan persentase kategori miskonsepsi yang terdapat pada konsep enzim dan metabolisme sel kelas XII SMA di Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan studi dokumen. Sampel penelitian ini berupa delapan buku teks biologi SMA. Obyek penelitian ini adalah konsep enzim dan metabolisme sel. Analisis miskonsepsi berdasarkan lima kategori miskonsepsi menurut Hershey (2005). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan miskonsepsi di setiap buku teks. Persentase miskonsepsi pada buku teks A sebesar 20%; buku teks B sebesar 18,8%; buku teks C sebesar 25%; buku teks D sebesar 6,3%; buku teks E sebesar 12,5%; buku teks F sebesar 33,3%; buku teks G sebesar 6,3% dan buku teks H sebesar 14,3%. Terdapat dua kategori miskonsepsi yang ditemukan dalam buku teks yaitu oversimplification dan misidentification dengan persentase 61,9% dan 38,1%.

 

Kata Kunci: Miskonsepsi, Buku Teks, Enzim dan Metabolisme sel.

Published
2018-09-30
Section
Articles
Abstract View: 750
PDF Download: 3912