Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pertumbuan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p28-38Abstract
Pendidikan di Indonesia sedang menjalankan sistem pembelajaran jarak jauh salah satunya secara online akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut seolah mendukung era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu bahan ajar seperti e-book dirasa sesuai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh karena dikemas dalam bentuk file atau alamat URL dilengkapi fitur teks, tabel gambar, audio dan video. Penelitian pengembangan dilakukan dengan tujuan menghasilkan e-book berbasis inkuiri terbimbing pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan yang valid untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D yakni (Define, Design, Develop, dan Diseminate) tanpa tahapan diseminate. Penilaian validitas e-book dilakukan oleh tiga validator yang terdiri dari dosen ahli materi, dosen ahli pendidikan, dan guru biologi. Pengambilan data kepraktisan e-book dilakukan dengan uji keterbacaan menggunakan Grafik Fry, dan tingkat kepraktisan e-book diambil dari respon berbagai praktisi yakni, tiga belas peserta didik kelas XII IPA dan tiga guru dari sekolah yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil rata-rata validitas e-book sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-book juga ditunjang oleh hasil uji keterbacaan pada level 12 dengan persentase rata-rata respons positif peserta didik sebesar 97,43% dan persentase rata-rata respons positif guru biologi sebesar 95,56% yang tergolong dalam kategoti sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa e-book berbasis inkuiri terbimbing pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : E-book, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, inkuiri terbimbing, berpikir kritis.